Beranda Lombok Barat Usulkan Pembubaran Belasan Koperasi

Usulkan Pembubaran Belasan Koperasi

BERBAGI
HUMAS LOBAR FOR RADAR MANDALIKA PERINGATAN: Sekda Lobar H Moh Taufiq saat memukul gong saat Peringatan Hari Koperasi, kemarin.

LOBAR—Sebanyak 13 koperasi di Lombok Barat (Lobar), diusulkan ke Kementerian Koperasi untuk dibubarkan. Lantaran, koperasi tersebut sudah tidak pernah aktif lagi.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lobar, Nyoman Sembah mengatakan, koperasi yang aktif di Lobar sebanyak 298 koperasi. Sedangkan koperasi yang tidak aktif sebanyak 205. Kemudian koperasi yang sudah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 115 koperasi. “Koperasi yang melakukan RAT kita akan evaluasi sampai akhir tahun. Hingga kita akan mendapatkan koperasi yang berkualitas dan sehat,” katanya ditemui selepas menghadiri acara Peringatan Hari Koperasi, kemarin.
Sesuai target RPJMD 2019, jumlah koperasi aktif sebanyak 305 koperasi. Kemudian koperasi sehat 38 persen atau sebanyak 116 dari yang aktif.
Menyinggung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), ia mengungkapkan jika jumlah UMKM di Lobar sebanyak 10.163. Sedangkan usaha kecil sebanyak 366 UMK. Seluruhnya bergerak diberbagai sektor meliputi pertanian, peternakan, perikanan, jasa perdagangan, sektor pariwisata serta industri.
Pemerintah pusat, lanjutnya, sudah memiliki langkah untuk memaksimalkan peran koperasi bagi UKM di Lobar. Yaitu dengan pendamping KUR sebanyak empat orang untuk berkoneksi dengan pihak perbankan. “Target penyaluran KUR di Lombok Barat sebanyak 256 orang,” katanya.
Sementara Sekda Lobar, H Moh Taufiq menyadari peran penting koperasi untuk pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data BPS dan Kementerian Koperasi dan UKM, dari tahun ke tahun kontribusi koperasi meningkat. Pada tahun 2014 kontribusi koperasi terhadap PDRB nasional adalah 1,71 persen, tahun 2016 sudah meningkat menjadi 3,99 persen. Kemudian di tahun 2017, meningkat lagi sebesar 4,48 persen. “Diharapkan kontribusi koperasi terhadap PDRB Kabupaten Lombok Barat dapat berkembang positif seiring dengan berkembangnya usaha koperasi,” pungkasnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here