Beranda Headline KPU Serahkan Hasil Pilgub ke Dewan

KPU Serahkan Hasil Pilgub ke Dewan

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA MENYERAHKAN: Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori didampingi empat komisioner menyerahkan penetapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB ke pimpinan DPRD NTB, kemarin.

MATARAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB menyerahkan keputusan penetapan hasil Pilgub NTB kepada DPRD NTB, kemarin.
Penyerahan hasil itu menjadi kewajiban KPU NTB tentang hasil penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih dalam Pemilihan 2018.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori menjelaskan, KPU juga menyertakan seluruh berkas pasangan terpilih. Selanjutnya pimpinan DPRD NTB akan menindaklanjuti untuk mengajukan permohonan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri.

“Kami juga telah melaporkan tentang pelaksanaan Pilkada 2018 yang telah berjalan tertib, aman dan lancar,” ujar Aksar.

Selaku penyelenggara KPU menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan DPRD NTB yang telah memberikan perhatian terhadap Pilkada NTB khususnya anggaran Pilkada melalui APBD. Untuk Bajet anggaran Pilkada serentak itu KPU menghabiskan 167 Miliar. Secara garis besar anggaran 61 persen itu untuk honor PPDP, KPPS, PPS dan PPK, pembuatan TPS logistik, kampanye dan debat termasuk iklan kampanye, APK dan audit. Berikutnya untuk kegiatan bimtek, rapat kerja atau rakor, sosialisasi dan tahapan lainnya.
“61 persennya untuk honor 26 persen logistik dan lain-lainnya,” jelas Aksar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Abdul Hadi yang menerima laporan hasil Pilkada itu mengatakan, laporan itu selanjutnya diserahkan oleh DPRD ke presiden melalui Kementrian dalam negeri untuk mendapatkn SK pelantikan gubernur terpilih oleh presiden RI, Joko Widodo.

Hadi mengatakan, KPU menyerahkan pada tepat waktunya dimana tiga hari sejak gubernur dan wakil gubernur ditetapkan KPU NTB.

Pihaknya belum bisa menyampaikan evaluasi dewan dari kinerja KPU selama ini. Namun terlihat dari hasil di lapangan kinerja KPU bagus, cepat sesuai jadwal, dan mampu melibatkn semua unsur untuk mensuksesnya Pilkada serentak 27 Juni.
“Belum kami evaluasi,” kata Hadi terpisah.

Sesuai jadwal pasangan Zul-Rohmi akan dilantik presiden RI tanggal 17 September mendatang bertempat di Istana Negara, Jakarta. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here