Beranda Praya Metro Ketersediaan Ikan Dijamin Aman

Ketersediaan Ikan Dijamin Aman

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA PANEN IKAN: Dua orang nelayan di Desa Kuta saat menaikan hasil tangkapan ikan tongkol, belum lama ini.

PRAYA — Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) Lombok Tengah (Loteng) menjamin ketersediaan ikan untuk dikonsumsi tetap aman. Ketersediaan ikan tidak berpengaruh dengan meroketnya harga daging ayam maupun cuaca tidak baik di laut.
Kepala Diskanlut Loteng M Kamrin mengatakan, bahwa sampai dengan saat ini ketersediaan ikan di daerah aman. Harganya juga masih sama seperti biasa.
“Kalau ikan kita cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, terutama ikan tawar dan sampai saat ini belum ada keluhan yang kita terima baik dari pembeli mapun penjual ikan,” katanya beberapa hari yang lalu.
Menurut Kamrin selama ini, produksi ikan tidak hanya untuk memenuhui kebutuhan masyarakat di Loteng saja. Akan tetapi, ikan juga bisa diimpor ke daerah luar.
“Tapi melihat kondisi sekarang, bisa saja kita tidak membawa ikan untuk keluar daerah,” ujarnya.
Kamrin menyampaikan, kebutuhan ikan tetap terpenuhi mengingat banyak warga di Loteng membudidayakan ikan bahkan nyaris di setiap desa ada.
“Banyak masyarakat sudah mulai membudidayakan ikan,” ujar dia.
Salah satu contoh yakni, di Kecamatan Pringgarata dan wilayah lainya. Budidaya ikan di tempat tersebut terus mengalami peningkatan, bahkan ada juga yang membuka pasar pancingan di Desa Bilebante.
“Hasil produksi kita bahkan untuk tahun 2017 lalu mencapai 4000 ton lebih untuk ikan tawar,” bebernya.

Sementara itu, salah satu nelayan di Desa Kuta Zulkarnaen mengaku, belakang ini hasil tangkapan iklan di laut berkurang. Hal ini disebabkan factor cuaca.
“Kami tidak bisa menangkap ikan karena cuaca,” katanya belum lama ini. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here