Beranda Headline JCH Mataram Derita Puluhan Penyakit

JCH Mataram Derita Puluhan Penyakit

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA PELEPASAN: 180 orang JCH kloter 7 asal Kota Mataram dilepas keberangkatannya oleh Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, kemarin.

MATARAM —Sebanyak 180 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Mataram, kembali dilepas keberangkatannya ke Tanah Suci, kemarin. Pelepasan kloter 7 yang merupakan JCH campuran tersebut merupakan kloter kedua yang diberangkatkan di Kota Mataram.
Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Jalalussayuti mengatakan, JCH Kota Mataram tahun 2018 total berjumlah 757 orang. Rinciannya, 363 jamaah laki-laki dan 394 jamaah perempuan. Jamaah termuda M. Khaerul Ardi berusia 22 tahun dan jamaah tertua Masnah berusia 91 tahun.
Sedangkan dari hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan setidaknya ada 10 jenis penyakit yang diderita jamaah. Diantaranya 242 orang menderita hipertensi esensial, 115 orang dengan kolesterol tinggi, 88 orang menderita diabetes, 63 orang obesitas, 27 orang mengalami pembesaran jantung, dan beberapa penyakit lain yang membutuhkan perhatian dari petugas kesehatan. “Mudah-mudahan semua jamaah diberikan kekuatan dan kesehatan selama menjalankan ibadah haji nanti,” harapnya.
Sementara saat pelepasan jamaah, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana berpesan agar jamaah dapat sungguh-sungguh bertawakal, ikhlas dalam menjalankan ibadahnya, dan melepas semua beban yang ada agar dapat berangkat dengan niat penuh untuk beribadah. Disana, jamaah akan bergabung dengan berjuta-juta umat muslim dari seluruh dunia.
Untuk itu diharapkan Mohan, jamaah dapat mengedepankan karakter ketimuran yang penuh sopan santun, menjauhi sikap-sikap yang mengurangi kemabruran. Apapun yang nanti akan ditemui di sana agar menghindari untuk memberikan komentar. “Hampir 70 persen jamaah kita lansia. Yang muda bantulah jamaah yang membutuhkan bantuan, agar sama-sama bisa menyempurnakan ibadah,” pesannya.
Sebelumnya pada Sabtu (21/7), kloter 4 yang merupakan kloter utuh Kota Mataram dengan jamaah sejumlah 450 orang telah diberangkatkan. Masih ada dua kloter JCH Kota Mataram yang segera diberangkatkan, keduanya merupakan kloter campuran. Yaitu kloter 9 sebanyak 124 orang yang akan diterbangkan menuju Tanah Suci pada 29 Juli 2018, dan iloter 11 dengan jumlah jamaah enam orang. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here