Beranda Lombok Utara Dewan Imbau Pengusaha Rangkul Pekerja Lokal

Dewan Imbau Pengusaha Rangkul Pekerja Lokal

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika USAHA: Arsan saat menunjukkan usaha peternakannya yang dikelolanya belum lama ini.

KLU —Janji pemerintah daerah mendorong perusahaan hotel dan restoran agar memberdayakan tenaga kerja lokal hingga kini belum maskimal. Buktinya masih banyak tenaga kerja yang dipekerjakan justru dari luar Lombok Utara.
“Wisata maju, pasti lapangan pekerjaan banyak. Tapi harus kita akui sampai saat ini masih belum maksimal rekrutmen dari pekerja lokal. Ini harus jadi perhatian kembali,” ungkap anggota Komisi II DPRD Lombok Utara, Arsan kemarin.
Perlu adanya komitmen antara pemerintah dengan pengusaha dalam persoalan ini. Misalnya dengan menjalin MoU dengan semua hotel dan restoran agar memprioritaskan pekerja lokal. Sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Lombok Utara.
“Jadi sebelum pengurusan izin hotel, bisa kita buatkan MoU dulu agar siap menampung pekerja lokal,” sarannya.
Arsan sendiri merupakan anggota legislatif yang sudah lama bergelut di dunia pariwisata. Sehingga ia menyadari bagaimana pemberdayaan tenaga lokal sebagai upaya dalam mendorong perekonomian masyarakat. Dimana Arsan juga saat ini telah memiliki sejumlah usaha seperti klinik di Gili Trawangan, restoran, budidaya peternakan ayam dan berbagai usaha lainnya yang tentunya mengandalkan pekerja lokal.
“Semua staf kami merupakan tenaga lokal. Kami tak mau rekrut orang luar,” ungkapnya.
Ia menyampaikan bahwa Kabupaten Lombok Utara memiliki potensi yang cukup besar. Misalnya pada sektor alam, pariwisata dan sebagainya. Sehingga penting juga pemerintah mengawalnya misalnya dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat yang lebih konsen agar bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here