Beranda Headline KPU Gagal Hadirkan Tiga Paslon

KPU Gagal Hadirkan Tiga Paslon

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA TERIMA: H Rumaksi, saat menerima berita acara rapat pleno terbuka penetapan Paslon terpilih, kemarin.

LOTIM – Sejak awal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim) berencana menghadirkan empat Pasangan Calon (Paslon), dalam rapat pleno penetapan Paslon terpilih, Pilkada serentak tahun 2018. Bahkan, meminta bantuan masing-masing tim pemenangan, membujuk Paslon masing-masing.
Namun, keinginan KPU menghadirkan semua Paslon gagal. Dari empat Paslon, yang hadir hanya H Rumaksi, yang merupakan wakil HM Sukiman Azmy. Sementara tiga Paslon lainnya, diwakili tim pemenangan masing-masing. Baik itu Paslon Harum, Paslon Fiddin dan Al Habib. “Kita sudah undang semua Paslon, tapi mungkin ada kesibukan lain,” kata Muh Saleh, Ketua KPU Lotim saat memimpin rapat pleno penetapan Paslon terpilih, di kantor KPU, kemarin.
Dikatakan, proses panjang Pilkada serentak sudah dilalui, dan sesuai tahapan. Terhadap hasil Pilkada ini, tidak ada Paslon lain yang melayangkan keberatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hasil penetapan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih akan disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lotim, dan Gubernur NTB, sebagai dasar untuk dilakukan pelantikan.
“Paslon Sukma dinyatakan menang setelah meraih suara sebanyak 271.556 suara atau 41,91 persen. Baru disusul Paslon Harum, Fiddin dan Al Habib,” terangnya.
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati terpilih H Rumaksi mengatakan, pesta demokrasi di Lotim berjalan aman dan lancar. Proses demokrasi di daerah ini, menjadi contoh bagi masyarakat daerah lain, bahwa masyarakat Lotim sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi. “Ini bukan kemenangan kami, tapi kemenangan masyarakat Lombok Timur,” tegasnya.
Lanjut Rumaksi, namanya bertanding pasti ada kalah dan menang. Namun yang menjadi pemenang sesungguhnya adalah masyarakat Lotim yang sudah mampu berdemokrasi dengan dewasa. Serta dan ini bisa dikembangkan dengan harapan bisa berjalan baik di masa-masa mendatang. “Pertandingan sudah selesai. Semua paslon, dan masyarakat umumnya, mari bahu membahu membangun Lombok Timur lima tahun kedepan,” tegas Rumaksi lagi seraya meminta selama memimpin tetap diawasi, dibimbing dan diingatkan bila salah.
Ia pun berkomitmen akan menjalankan visi dan misi yang sudah dibuat. Visi misi itu, akan dituangkan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “Nanti kita lihat dan pelajari semua program pemerintah sebelumnya, apakah bisa dilanjutkan atau tidak. Kalau pekerjaan tidak kunjung diekeskusi, berarti perencanaan belum bagus. Kita ingin nantinya, masyarakat Lotim kedepan bisa lebih sejahtera,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here