Beranda Headline Polisi Sita Excavator di Tanak Beak

Polisi Sita Excavator di Tanak Beak

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA TURUN: Seorang sedang berada di atas alat berat jenis excavator di depan Mapolres, kemarin.

PRAYA — Tambang illegal masih saja beroperasi di wilayah Utara Lombok Tengah (Loteng). Buktinya, pihak kepolisian Polres Loteng kembali berhasil menyita satu unit alat berat excavator di lokasi tambang Dusun Tanak Beak, Desa Tanak Beak, Kecamatan Batukliang Utara. Lokasi ditemukan alat berat ini beroperas di lahan galian C illegak milik warga setempat insial HJ, 49 tahun.

Kasat Reskrim Polres Lombok Tengah, AKP Rafles P Girsang mengatakan, penyitaan alat berat tersebut berdasarkan LP/319/VII/2018/Res Lombok Tengah pada 15 Juli 2018 terkait masih ada aktivitas galian C. Laporan dari masyarakat itu kemudian ditindaklanjuti oleh petugas dengan mendatangi lokasi.
Di lokasi, polisi melakukan penindakan dengan menyita excavator. “Sekarang alat berat itu kami amankan di Polres,” terangnya, kemarin.
Selain itu, Refles mengungkapkan, selain mengamankan satu unit Excavator merk Hyundai warna kuning, pihaknya juga mengamankan buku catatan ceker dan kunci Excavator. Polisi juga telah melakukan pemeriksaan kepada saksi terutama pengguna alat berat tersebut yang ditemukan di lokasi.
“Kita juga sudah memeriksa dua saksi,” katanya.
Rafles menambahkan, pasal yang diberikan kepada pelaku pasal 158 UU Nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara. Dimana, setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37, Pasal 40 ayat (3), Pasal 48, Pasal 67 ayat (1), Pasal 74 ayat (1) atau ayat (5). Maka akan dipidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar.
“Kita masih terus melakukan pengembangan,” tuturnya.
Rafles berharap agar kedepan permasalahan galian C tidak terus menerus menjadi persoalan. Untuk itu, diharapkan kepada semua element terutama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bisa mencari solusi agar masyarakat bisa meninggalkan pekerjaan tersebut. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here