Beranda Lombok Timur Peringatan HAN di Lotim Kok Sepi?

Peringatan HAN di Lotim Kok Sepi?

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA H Suroto

LOTIM – Hari Anak Nasional (HAN) diperingati, Senin (23/7) lalu. Namun peringati HAN ini di Lombok Timur (Lotim), sepi “mimit”. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Lotim, H Suroto berkilah, bukan tidak ada kegiatan memperingati HAN. Hanya saja, forum anak Lotim sedang ada kegiatan di Surabaya.
“Siapa bilang tidak ada kegiatan. Tapi kita tunggu dulu apa maunya forum anak, setelah pulang dari Surabaya mengikuti peringatan hari anak tingkat nasional,” kata Kepala BP3AKB Lotim, H Suroto, kemarin.
Biasanya kata Suroto, terlebih dahulu dilakukan kegiatan peringatan tingkat nasional, setelah itu tingkat provinsi. Baru kemudian dilakukan tingkat kabupaten. Kegiatan HAN diklaimnya sudah disusun rapi forum anak. Hanya saja belum waktunya dilaksanakan. Salah satunya, melalui kegiatan temu anak, harapan anak dan sebagainya.
“Tingkatannya sudah ada. Nasional dulu, terus provinsi baru kabupaten. Masak kita laksanakan duluan, baru tingkat nasional,” ujarnya.
“Kita tunggu pulang dulu, apa petunjuk dan pedoman dari pusat yang dibawa pulang nanti. Baru kita jalankan programnya,” imbuhnya.
Lebih jauh diungkapkan Suroto, adanya kasus pencabulan di momentum HAN ini, membuatnya prihatin. Ia sarankan keluarga korban melaporkannya pada pihak berwajib. BP3AKB jika menerima laporan langsung ditindaklanjutinya. “Sangat kita sesalkan, ada kasus pelecehan seksual menimpa anak-anak kita. Harapan kami diproses seadil-adilnya,” tegas Suroto. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here