Beranda Lombok Barat Harga Pakan Ayam Naik

Harga Pakan Ayam Naik

BERBAGI

LOBAR —Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lombok Barat (Lobar) akan melakukan rapat dengan distributor. Menyusul peningkatan harga daging ayam dan telur di pasar tradisional di wilayah setempat. Sampai saat ini, harga daging ayam di pasaran masih di kisaran Rp 45-70 ribu perkilogram (kg). Kenaikan itu dipicu harga pakan ayam yang juga melonjak. Selain ayam yang sudah memasuki batas masa produktif (afkir).
“Selain pakan, ayam kita sudah afkir. Biasanya perhari (produksi) 5 ribu telur, jadinya seribu telur,” kata Kepala Disperindag Lobar, Agus Gunawan saat dikonfirmasi, kemarin.
Berdasarkan pantauannya, harga daging ayam di pasar masih melambung. Agus mengaku, terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait kondisi ini. Termasuk bersinergi dengan pihak terkait, baik peternakan maupun distributor. Serta mengambil langkah konkrit menyikapi kondisi ini. “Ada imbauan dari kementerian untuk memantau harga di pasaran seminggu sekali. Cuma sekarang kondisinya stoknya masih langka, ayam pun begitu,” sambungnya.
Jalur distribusi daging ayam dan telur tak luput dari pemantauan pihaknya. Mengingat distribusi datang dari wilayah Bali dan Jawa. Agus siap memberikan sanksi tegas kepada oknum yang mempermainkan harga. “Karena sudah diatur dalam undang-undang perdagangan, jika ada yang melakukan monopoli,” tegasnya.
Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Lobar, H Muhur Zokhri membenarkan jika harga pakan unggas khususnya ayam sedang naik. Hingga berdampak terhadap harga daging ayam di pasaran. “Ini sedang kita koordinasikan untuk harga dan ketersediaan pakan, supaya perternakan ayam di kabupaten tidak terganggu,” ungkapnya.
Diakui, populasi ayam di Lobar masih kurang untuk memenuhi kebutuhan. Rencana kedepan, akan dilakukan peningkatan jumlah ternak ungas. Terutama ayam melalui program kampung unggas. “Sehingga ketersediaan daging khususnya ayam dan telur bisa memenuhi kebutuhan daerah kita,” pungkasnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here