Beranda Lombok Barat Tanpa PJU, Sekotong Gelap Gulita

Tanpa PJU, Sekotong Gelap Gulita

BERBAGI

LOBAR —Langkah memajukan sektor wisata di kawasan Sekotong, nampaknya belum dapat maksimal. Pasalnya, wisatawan termasuk warga setempat mengeluhkan kurangnya Penerangan Jalan Umum (PJU).
Kondisi jalan yang gelap gulita di Sekotong rawan memicu kecelakaan, hingga ancaman tindak kejahatan. “Ini harusnya menjadi atensi pihak terkait, seperti PLN dan Pemkab,” ujar Ketua Pokdarwis Sekotong Barat, Sahnil, kemarin.
Menurutnya, sarana prasarana dasar seperti PJU sangat diperlukan oleh warga setempat maupun wisatawan yang datang. Saat ini, dari jalur Lembar menuju Sekotong minim PJU. Bahkan, jalur menuju Desa Buwun Mas dan Sekotong bagian barat gelap gulita. “Miris sekali, kok di kawasan wisata Sekotong minim PJU. Jalan utama lagi. Sinyal juga dikeluhkan warga, bahkan wisatawan,” keluh pelaku wisata ini.
Menurutnya, ketersediaan penerangan jalan tentunya akan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan. Selain akan mencegah terjadinya tindak kejahatan, PJU juga membantun petugas dalam melakukan patroli di kawasan wisata. “Dengan kondisi terang maka pengawasan di kawasan wisata akan lebih mudah,” katanya.
Ia berharap kondisi ini menjadi perhatian pemerintah kecamatan, dan desa yang ada di seluruh kawasan Sekotong. Agar semua kepala desa Kecamatan Sekotong bisa mengadakan PJU. Ia pun mempertanyakan peran PLN terhadap kondisi di Sekotong. Sejauh mana pengelolaan pajak penerangan jalan dari PLN.
“Kenapa anggaran pajak ini tidak diarahkan untuk membangun PJU. Padahal sesuai ketentuan, pajak dikembalikan ke masyarakat. Sebab warga sendiri yang membayar pajak,” tandassnya.
Sebelumnya, persoalan PJU di kawasan Sekotong pernah dibahas dalam rapat Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Lobar. Kala itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Lobar, HL Winengan berjanji akan mengupayakan adanya PJU. Berkoordinasi dengan provinsi dan PLN. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here