Beranda Lombok Utara SK, Tunggu Disposisi Bupati

SK, Tunggu Disposisi Bupati

BERBAGI

KLU —Masa jabatan Dewan Pengawas PDAM Lombok Utara telah dinyatakan berakhir Juni 2018 lalu. Kendati demikian, hingga kini belum dilakukan penetapan SK Bupati terhadap penunjukan nama-nama Dewan Pengawas PDAM baru.
“Iya, kita juga masih menunggu disposisi Pak Bupati. Kita sudah cek ke Bagian Hukum, tapi SK nya memang belum ada,” ungkap Asisten II Setda KLU Hermanto, kemarin.
Terhadap mekanisme penunjukan sendiri jelasnya telah diatur dalam peraturan yang berlaku. Dimana kata Hermanto untuk dewan pengawas satu dari unsur pemerintah dan dua sisanya merupakan dari non pemerintah. Berkaitan dengan siapa yang berhak menunjuk dari unsur pemerintah tentu yang dipercaya oleh kepala daerah dalam hal ini Bupati. Saat ditanya apakah posisi jabatan dewan pengawas tetap diisi oleh orang lama, Hermanto menyebut belum tentu. Sebab dalam penentuan nama tersebut tentu ada beberapa kriteria yang telah ditentukan sesuai aturan yang berlaku.
“Kaitan dengan mekanisme perekrutannya kita belum tahu, makanya kita masih menunggu disposisi itu dulu,” bebernya.
Ia mengakui dengan berakhirnya jabatan Dewan Pengawas PDAM yang lama tersebut tentu perlu untuk disikapi segera
Pihaknya sendiri kata Hermanto juga mendorong Direktur PDAM agar lebih aktif dalam menjemput proses tersebut kepada kepala daerah yang bertindak sebagai penentu.
“Kami sudah minta Pak Direktur PDAM untuk segera berkordinasi juga dengan Pak Bupati jika jabatan dewan pengawas sudah lama berakhir, karna suratnya sudah lama dilayangkan,” ungkapnya.
Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Lombok Utara, Ardianto menyampaikan dengan posisi dewan pengawas yang kini lowong tentunya sangat dikhawatirkan tidak berjalan baik proses yang ada di tubuh PDAM. Sebagai kabupaten yang pernah menerima pengharagaan pembina BUMD terbaik tentunya sangat berkaitan dengan persoalan ini, dirasa sangat penting untuk pemerintah segera menyikapi agar adanya pengawasan yang efektif.
“Kami juga tekankan, dalam penunjukan dewan pengawas harus dipertimbangkan dengan baik. Caranya dengan menunjuk orang-orang yang berkompeten, profesional dan memiliki keahlian di bidang PDAM. Intinya kaitan dengan kriteria sudah diatur dalam Perda tentang Pembentukan PDAM,” ungkapnya. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here