Beranda Praya Metro Montong Gamang Dapat Program PISEW

Montong Gamang Dapat Program PISEW

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA DITATA: Sejumlah pekerja sedang melakukan penataan jalan desa di Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang. Seperti diketahui, desa ini pada 2018 memperoleh program penataan infrastrutur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dari pemerintah pusat.

KOPANG —Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang tahun ini memperoleh kucuran dana ratusan juta dari pemerintah pusat. Program tersebut yakni Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).
Kades Montong Gamang, HM Amin Abdullah mengungkapkan, program pusat ini dikelola langsung oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kopang. Namun sebelumnya disalurkan program tersebut ke desanya atas penilaian pusat terhadap keberlangsungan perekonomian di desanya. Penataan jalan yang dimaksud kata dia, yakni penataan jalan akses ekonomi desa berupa rabat dan penalutan. Akan tetapi, dari jumlah dana yang digelontorkan sebanyak Rp 600 juta itu, sebagian besar digelontorkan untuk rabat jalan. Karena panjang jalan desa yang dirabat mencapai 1,4 kilometer dengan lebar 3 meter. Dikatakan, untuk program ini dikerjakan di ruas jalan desa di Dusun Karang Tengak dan Dusun Bebak. Yang mana ruas jalan ini melintas ke wilayah desa tetangga, Desa Kopang Rembiga.
“Di Kecamatan Kopang baru dua yang dapat bantuan ini, yakni Montong Gamang dan Kopang Rembiga,” kata Kades berjenggot ini.
Namun intinya tambah Amin, program ini ada untuk meningkatkan sentra perekonomian desa. Karena seperti diketahui, warga di desanya saat ini sedang gencar-gencarnya memproduksikan aneka kerajinan sebagai salah satu produk unggulan. Sehingga sebagai salah satu apresiasi dari pemerintah pusat, program PISEW ini digelontorkan ke Desa Montong Gamang.
Lebih jauh diungkapkannya, program ini juga merupakan tindaklanjut dari program yang digelontorkan ke desanya pada 2012 lalu. Program itu disebut program Penataan Lingkungan juga dibantu melalui dana aspirasi dewan dan dari program PISEW. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here