Beranda Praya Metro Belum, Tapi Tetap Menggugat

Belum, Tapi Tetap Menggugat

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA NAMBUNG: Penunjuk jalan menuju Pantai Nambung.

PRAYA — Sekda Lombok Tengah (Loteng), HM Nursiah mengaku tetap akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) soal keputusan Kemendagri yang memutuskan wilayah Nambung masuk Lombok Barat. Nursiah mengakui, saat ini memang pemerintah belum layangkan gugatan dengan disibukan dengan beberapa kegiatan. Misalnya, Pilgub NTB belum lama ini.
“Kita saat ini lebih fokus untuk menuju langkah itu. Karena, sebelumnya memang kami ada disibukan dengan Pilkada itu. Tapi segera kita siapkan untuk menggugat,” tegas Nursiah kepada wartawan, kemarin.
Nusriah menegaskan, bila melihat keputusan yang dikeluarkan Mendagri itu, pihaknya optimis kedepan akan menang dalam gugatan tersebut. Karena pihaknya yakin, bahwa nantinya MK yang akan menguji materil tersebut.
“Yang menguji kebijakan dalam bentuk aturan itukan MK. Jadi tetap ada celah,” katanya tegas.
Untuk langkah gugatan, tim yang sudah dibentuk sedang melakukan persiapan gugatan dan sudah ditekankan agar peroses dikebut, sehingga dipastikan dalam waktu dekat akan bisa diajukan. Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai bukti terkait Nambung yang sebenarnya masuk Loteng.
“Kami juga mengajak DPRD untuk bersama- sama ikut terlibat melakukan pengawalan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Loteng, M Samsul Qomar mengaku bahwa keputusan Kemendagri terhadap Nambung sangat merugikan masyarakat. Kerugian bukan hanya karena wilayah hilang. Namun kepemilikan atas tanah yang sudah turun temurun di garap oleh masyarakat setempat juga di caplok oleh oknum yang entah datang darimana tanpa kejelasan status.
“Sementara bukti dan fakta-fakta yang di miliki oleh masyarakat rupanya diabaikan,” katanya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here