Beranda Praya Metro Ubung Gencarkan Ronda Malam

Ubung Gencarkan Ronda Malam

BERBAGI
ILUSTRASI

JONGGAT —Dengan banyaknya aksi kriminal berupa pencurian di beberapa desa di Kecamatan Jonggat akhir-akhir ini, membuat Pemdes Ubung terus menggencarkan ronda malam.
Kades Ubung, Rodi Setiawan mengatakan, untuk menyikapi dinamika keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pihaknya sudah menggencarkan ronda malam yang dikukan oleh Badan Keamanan Desa (BKD). Selain itu, dalam mengaktifkan ronda BKD juga mengatur strategi pencegahan maupun strategi penangkapan pelaku yang meresahkan warga. Bahkan tanpa diperintah dan dengan mengetahui situasi ini, lembaga desa yang dibentuk sejak lama ini telah melakukan konsolidasi anggotanya yang berjumlah 15 orang di 14 dusun yang ada. Caranya, memaksimalkan peran ronda malam sesuai kesepakatan masing-masing dusun.
“Tahun lalu banyak aksi pencurian, sejak itu kita serius perankan BKD,” terangnya.
Bahkan saking aktifnya ronda lanjut Kades dua priode ini, hingga kini belum pernah terdengar ada kasus pencurian masuk ke Desa Ubung. Akan tetapi, dengan motif dan ciri-ciri pelaku yang kerap beraksi di desanya, kawanan pencuri ini pindah beraksi di desa lain, seperti Jonggat, bahkan hingga luar Loteng seperti Desa Kediri. Untuk mendukung perannya ini, Pemdes juga telah mengalokasikan dana besar untuk pembangunan pos ronda di 14 dusun dengan anggaran keseluruhan mencapai Rp 100 juta pada 2016 silam. Tahun lalu dan tahun ini pun danan operasionalnya tidak jauh beda. Sehingga, kini poskamling ini sudah berfungsi dengan baik. Lebih dari itu, ke depan Pemdes akan mengalokasikan dana untuk memenuhi sarana pendukung kinerja BPD ini. Seperti sarana HT, senter, biaya operasional, dan sarana pendukung lainnya.  (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here