Beranda Lombok Timur Sayangkan Eksekusi Anggaran Lamban

Sayangkan Eksekusi Anggaran Lamban

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I/RADAR MANDALIKA H Maidi

LOTIM – Mega proyek pengerukan kolam labuh Pelabuhan Labuhan Haji Lombok Timur (Lotim), sudah dianggarkan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Besarannya hingga Rp 40 miliar lebih. Namun sampai saat ini, belum terlihat anggaran pengerukan kolam labuh itu dieksekusi. Padahal, pengerukan kolam labuh itu dianggaran melalui APBD induk. “Sangat kita sayangkan, sampai sekarang anggaran pengerukan kolam labuh itu belum terlihat juga eksekusinya,” tegas H Maidi, Sekretaris Komisi IV (empat) DPRD Lotim, kemarin.
Ia mengatakan, pengerukan kolam labuh itu notabenenya sudah dianggarkan beberapa kali. Namun hingga tiga kali anggaran, tak kunjung bisa dilaksanakan. Kemungkinan duganya, perencanaan pengerukan kolam labuh itu belum matang, sehingga belum bisa dieksekusi.
Mestinya sambung Maidi, dimana letak kendala teknis, atau apakah itu kendala dalam perencanaan, harus diungkapkan. Mestinya juga, pengerukan kolam labuh itu tidak boleh dilalaikan dinas terkait. Mengingat, pelabuhan itu sudah menelan anggaran cukup besar. “Sekarang ini waktu makin mepet. Jangan sampai, menjadi pertanyaan besar masyarakat,” tegasnya.
Kalau seperti ini terus tidak kunjung dilaksanakan, lebih baik anggaran pengerukan kolam labuh itu dialihkan ke program lain. Sehingga anggaran bisa lebih produktif dan efektif. “Saya rasa kalau perencanaan maksimal, barang itu pasti bisa dieksekusi,” tambah Politisi Gerindra ini.
Menurutnya, banyak pembangunan di Lotim yang belum bisa terselesaikan sesuai harapan masyarakat. Salah satunya seperti Sadir Square atau Taman Rinjani Selong, pengerukan kolam labuh dan lainnya. Selain banyak juga yang masih harus membutuhkan peningkatan seperti kesejahteraan masyarakat dan sebagainya.
“Ada banyak PR pemerintah baru ke depan yang harus dituntaskan. Terutama, bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lainnya,” pungkas Maidi. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here