Beranda Praya Metro Pangkas Pengangguran dengan Pelatihan Keterampilan

Pangkas Pengangguran dengan Pelatihan Keterampilan

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Abdul Muhid

JONGGAT —Pemdes Batutulis, Kecamatan Jonggat tahun ini menyasar keberadaan pemuda sebagai peserta pelatihan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan kepada masyarakat agar tidak menjadi pengangguran.
Kades Batutulis, Abdul Muhid mengungkapkan, dari sekian program pemberdayaan tahun ini yang dana keseluruhannya sebanyak Rp 300 juta dari Dana Desa (DD). Saat ini ada dua pelatihan yang menyasar kalangan pemuda, yakni pelatihan industri kerajinan tangan dan pelatihan las terali. Untuk pelatihan kerajinan tangan ini, bahan baku yang akan dipakai dari sampah plastik. Sedangkan materinya, berupa pelatihan cara membuat tas dan dompet dengan menghabiskan anggaran Rp 62 juta lebih. Sementara untuk pelatihan las terali, anggarannya memakan Rp 54 juta lebih.
“Kalau pelatihan kerajinan tangan, pesertanya dari kalangan perempuan, las terali semuanya laki-laki,” ungkapnya.
Masing-masing program pesertanya sebanyak 50 orang. Dari lima dusun yang ada, nantinya akan diambil 10 orang sebagai peserta. Agar pelatihannya maksimal, akan dibagi sesuai dengan kelasnya. Selain itu, untuk materi teorinya akan disampaikan selama tiga hari, sedangkan untuk materi praktiknya akan diisi selama tiga hari.
Dengan demikian, dengan pelatihan ini Kades berharap bisa menurunkan angka pengangguran di desanya. Karena setelah dilatih mereka juga akan diberikan peralatan agar bisa melanjutkan usahanya sendiri.
“Setelah dilatih mereka juga akan tetap dibina hingga mereka benar-benar mandiri,” pungkas Muhid. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here