Beranda Praya Metro Mertak Benahi Jalan Desa

Mertak Benahi Jalan Desa

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA H Bangun

PUJUT —Sebagai salah satu desa yang masuk sebagai salah satu kawasan pariwiata nasional di kawasan selatan Lombok Tengah (Loteng), Pemdes Mertak kini mulai berbenah, terutama sarana infrastruktur jalan. Sehingga tahun demi tahun Pemdes setempat terus membuka jalan baru hingga melakukan pelebaran.
Kades Mertak, H Bangun mengatakan, pembenahan sarana infrastruktur jalan meliputi pembukaan, pelebaran dan pengerasan jalan menjadi salah satu program skala prioritas pihaknya setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses jalan menuju sejumlah objek wisata di desanya. Selain itu, pihaknya gencar melakukan pembenahan jalan desa selama ini untuk menghindari rumitnya penataan atau pembukaan di tahun-tahun berikutnya. Sebab, tahun demi tahun harga lahan terus meningkat. Selain itu, desanya juga telah masuk menjadi Kawasan Strategis Kabupaten (KSK). Sehingga tentunya, pengembangan pariwisata nasional untuk menunjang KEK Mandalika juga bakal dilakukan di Mertak dan merata di 22 dusun yang ada. Apalagi, luas wilayahnya mencapai 4.689 hektare lebih.
“Di setiap dusun bisa dibilang jalan desa di sini lebarnya mencapai 10 meter lebih. Kalaupun tidak selebar ini, minimal lebarnya 6 meter,” cetus Kades dua periode ini.
Sejak dana yang dikelola besar, Pemdes juga telah membuka belasan jalan desa. Jalan-jalan ini belum termasuk pelebaran dan pengerasannya. Tak tanggung-tanggung, satu per satu ruas dibuka sampai 1 kilometer lebih, dikarenakan selama ini belum tersentuh.
Untuk diketahui pula, tahun lalu Pemdes mengalokasikan dana untuk pembukaan dan pelebaran jalan sejumlah lima titik. Diantaranya, ruas Lipur-Sokat dengan panjang 1,5 kilometer, pelebaran dan pengerasan jalan desa di ruas jalan Kantor Desa-Bumbang sepanjang 1,5 kilometer dengan lebar 8 meter. Selain itu, pelebaran dan pengerasan ruas jalan Gawah Lantan-Bumbang sepanjang 2 kilometer, pelebaran dan pengerasan ruas jalan Desa Kelekuh-Batu Pedang sepanjang 1 kilometer dan pelebaran dan pengerasan jalan desa di Dusun Takar-Akar sepanjang 1 kilometer.
“Dana yang kita gelontorkan menyampai Rp 900 juta lebih,” bebernya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here