Beranda Mataram PT Pos Indonesia Beri Akses Permodalan

PT Pos Indonesia Beri Akses Permodalan

BERBAGI
ILUSTRASI

MATARAM -PT Pos Indonesia membuka akses permodalan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), dengan bunga lebih rendah dari perbankan. Pinjaman permodalan yang diajukan pelaku UKM hanya terkena bunga sebesar 0,5 persen. “Lebih rendah dibandingkan perbankan,” ujar Manager Marketing PT Pos Indonesia Mataram, Rusli Hanafi, kemarin.
Dikatakan, setiap Badan Umum Milik Negara (BUMN) memiliki penyisihan laba sebesar 1 persen. Laba tersebut dipergunakan untuk membantu pelaku UKM. Baik untuk bantuan permodalan, hingga peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).
Sebagai perusahaan negara, PT Pos Indonesia ingin membantu memberdayakan UKM yang ada di NTB. Terlebih lagi di tengah perkembangan pariwisata NTB yang signifikan, UKM turut ikut berkembang dengan baik. “Dibandingkan bank, mereka cukup berat dengan bunga yang ditetapkan,” tuturnya.
Rusli mengungkapkan, akses permodalan yang diberikan PT Pos Indonesia disambut baik oleh pelaku UKM NTB. Hal ini terlihat dari banyaknya UKM yang telah menggunakan layanan tersebut. Hal ini juga didorong oleh kemudahan persyaratan yang diberikan. Pelaku UKM cukup mengajukan KTP, NPWP, Surat Izin Usaha dan jaminan. “Awalnya tidak pakai jaminan sama sekali. Namun karena cukup banyak yang menghilang akhirnya diputuskan menggunakan jaminan,” ungkapnya.
Disebutkan, besaran pinjaman yang diberikan Rp 40 juta. Itu merupakan jumlah pinjaman awal. Setelah usahanya berjalan lancar dan tanpa penundaan angsuran, jumlah pinjaman modal bisa bertambah menjadi dua kali lipat. “Hingga Rp 80 juta dengan bunga 0,5 persen,” sebut Rusli.
Sebelum memberikan pinjaman, pihaknya juga melakukan survei pada UKM bersangkutan. Hal tersebut guna memastikan kebenaran dari keberadaan usaha tersebut. Namun, survei bukan menjadi patokan utama. Hal terpenting adalah pihaknya bisa membantu UKM-UKM yang ada di NTB. “Ini sangat membantu dan sudah banyak UKM NTB mengakses dana ini,” pungkasnya. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here