Beranda Mataram Musim Haji Picu Mahalnya Cabai

Musim Haji Picu Mahalnya Cabai

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA MASIH MAHAL: Pedagang cabai di Pasar Mandalika menunggu pembeli. Harga cabai di pasaran masih mahal, mencapai Rp 45 ribu perkilogram (kg). Kenaikan ini dipicu masih musim haji.

MATARAM —Harga cabai di pasaran masih mahal, mencapai Rp 45 ribu perkilogram (kg). Kenaikan ini dipicu masih musim haji, dimana banyak masyarakat melakukan syukuran bagi keluarga maupun sanak saudaranya yang akan menunaikan ibadah haji. “Cabai sejak gawe haji naik Rp 45 ribu, belum turun-turun,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, H Mutawalli.
Sebelumnya, harga cabai di kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 42 ribu perkg. Kenaikan harga ini tentunya agak kontras dengan kondisi cuaca saat ini yang masih kemarau. “Mestinya kemarau produksi bagus. Nantilah kita cek lagi,” sambungnya.
Kemungkinan karena permintaan tinggi, berpengaruh terhadap harga cabai rawit. Dari informasi harga eceran dan pasokan hasil pertanian di pasar Mandalika Kota Mataram, Senin (16/7), pasokan cabai rawit merah juga berkurang. “Pasokan normal biasa 2 ton, sekarang hanya 1 ton,” kata Mutawalli.
Untuk harga cabai merah besar Rp 25 ribu perkg, dengan pasokan 1.100 kg, cabai keriting Rp 25 ribu dengan pasokan 800 kg, cabai rawit hijau Rp 30 ribu dengan pasokan : 700 kg. “Cabai ini dari Lotim. Belum tahu apa sebabnya pasolan berkurang. Apakah gak ada yang dipanen atau dibawa ke luar daerah,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here