Beranda Mataram BPJS Sosialisasi Program di Harganas

BPJS Sosialisasi Program di Harganas

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA BERPARTISIPASI: Kepala Kantor BPJS Kesehatan KLU, Husni berfoto di depan stand milik BPJS Kesehatan cabang Mataram dalam perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV di Kabupaten Lombok Utara (KLU).

MATARAM -BPJS Kesehatan cabang Mataram ikut ambil bagian dalam kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di XXV di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Dalam kegiatan tersebut, BPJS menggelar sosialisasi terkait program dan pengenalan produk BPJS Ksehatan kepada seluruh masyarakat yang hadir. “Kita ingin memperkenalkan produk BPJS Kesehatan,” ujar Kepala Kantor BPJS Kesehatan KLU, Husni, kemarin.
Produk BPJS Kesehatan diperkenalkan melalui beberapa media. Seperti selebaran hingga booklet. Di stand BPJS Kesehatan juga tersedia seluruh informasi terkait Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Masyarakat yang datang juga diperkenalkan dengan aplikasi mobile JKN. “Kita juga sekaligus menerima pembayaran iuran bagi peserta mandiri,” imbuhnya.
Husni menjelaskan aplikasi JKN-KIS ini sangat mempermudah masyarakat. Baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS maupun yang belum terdaftar. Dalam aplikasi mobile JKN, terdapat berbagai macam kemudahan bagi peserta. Antara lain, kemudahan membayar dan mengubah data peserta serta mengetahui informasi data peserta dan keluarga.
Selanjutnya kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. “Ini yang kita perkenalkan pada masyarakat di sini,” jelasnya.
Pengguna mobile JKN juga dapat mengecek lokasi jaringan fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun lanjutan. Selain juga mengetahui lokasi kantor BPJS Kesehatan yang berbasis GPS. Masyarakat yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarganya juga tidak perlu repot lagi untuk ke kantor BPJS Kesehatan. “Cukup mengunduh aplikasi ini, sudah bisa melakukan pendaftaran program JKN-KIS,” ucap Husni.
Husni mengungkapkan, keikutsertaan BPJS Kesehatan dalam perayaan Harganas tersebut sangat penting. Sebab BPJS Kesehatan bisa melakukan kontak langsung dengan masyarakat. Terutama masyarakat yang belum masuk terdaftar sebagai pemegang kartu JKN-KIS. “Kami pun menginformasikan kembali mengenai manfaat JKN-KIS bagi masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.
Kegiatan sosialisasi yang dilakukan di bazar tersebut juga menjadi bagian BPJS Kesehatan dalam mengejar Universal Health Coverage (UHC). Khususnya di area kerja BPJSK cabang Mataram. Yakni Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram. Sementara KLU sendiri sudah mencapai UHC. Bahkan KLU menyabet UHC Award dari Presiden Joko Widodo dan Mendagri belum lama ini. “Mungkin saja ada warga yang belum paham tentang JKN KIS bisa dapat informasi dari sini,” pungkasnya. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here