Beranda Mataram IKM Diberi Bimtek E-Smart

IKM Diberi Bimtek E-Smart

BERBAGI
SUSAN/RADAR MANDALIKA KERJASAMA: Puluhan IKM berfoto bersama usai pembukan bimtek e-smart.

MATARAM -Dinas Perindustrian NTB kembali menggelar bimbingan teknis (bimtek) e-smart untuk wirausaha Industri Kecil dan Menengah (IKM), pengolahan pangan dan kerajinan di NTB. Bimtek e-smart ini bekerja sama dengan salah satu marketplace yaitu Toko Pedia. “Bimtek marketplace e-smart itu program dari Kementerian Perindustrian. Tahun lalu kita bekerjasama dengan Buka Lapak, dan sekarang merupakan tahun kedua dari Tokopedia,” kata Kepala Dinas Perindustrian NTB, Baiq Eva Nurcahyaningsih, kemarin.
Program ini bertujuan untuk memfasilitasi dan memberikan kesempatan pada IKM di NTB untuk siap bersaing di pasar yang lebih luas. Pada tahun 2017, sekitar 50 IKM mengikuti bimtek marketplace e-smart tersebut. “Sekarang ini 50 IKM juga, karena itu jatah yang berikan dari pusat. Setiap tahunnya hanya dijatahkan segitu. Marketplacenya juga digilir, ada sekitar lima marketplace,” jelasnya.
Eva menjelaskan, IKM yang mengikuti kegiatan bimtek tersebut terdiri dari industri olahan pangan dan industri kreatif. Bimtek yang dilakukan ini mampu membangkitkan kembali industri yang ada di NTB, sehingga produk yang dihasilkan perajin mampu memenangkan persaingan di pasaran ekspor. “Seluruh IKM di NTB kita undang untuk ikut kegiatan ini,” ujarnya.
Para IKM yang mengikuti kegiatan tersebut terus didorong untuk dapat memanfaatkan fasilitas promosi online melalui platform yang dibuat oleh Kementerian Perindustrian, yang dinamakan e-Smart IKM.
Selain untuk memperluas akses pasar, program e-Smart IKM ini pun menjadi sistem database karena menampilkan profil, sentra, dan produk IKM sehingga bisa sebagai bahan analisa untuk melakukan pembinaan ke depannya. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here