Beranda Lombok Timur Panwaslu Tunggu Kabar DKPP

Panwaslu Tunggu Kabar DKPP

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Sahnam

LOTIM – Berkas kasus dugaan pelanggaran etik oknum Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan (Kadiv HPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim), sudah masuk ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Namun sampai saat ini, perkembangan kasus Kadiv HPP KPU itu, belum ada kabar dari DKPP.
“Berkas memang sudah kita kirim ke DKPP, melalui perwakilan DKPP di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB. Tetapi, kami belum tahu seperti apa perkembangannya,” kata Sahnam, Koordinator Hukum dan Penindakan Pelanggaran (Kordiv HPP) Panwaslu Lotim, via ponselnya, kemarin.
Ia menegaskan, dalam kasus ini proses yang dilakukan Panwaslu, sudah sesuai dengan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu). Apakah kasus itu nantinya disidangkan atau tidak oleh DKPP, belum diketahuinya. Sebab, berkas perkara itu tergantung seperti apa hasil kajian dari DKPP. Karena memang, terdapat tiga katagori verifikasi materil berkas kode etik DKPP.
Tiga katagori itu adalah, katagori sidang bila berkas itu dinyatakan lengkap, Dimiss (perkara itu dinyatakan tidak memenuhi syarat), dan berkas Belum Memenuhi Syarat (BMS). Mengacu pengalaman sebelumnya, jika itu disidangkan maka proses sidang etik tidak dilakukan DKPP di Jakarta. Akan tetapi, mengirim utusan dan bersama Bawaslu melakukan sidang etik di Polda NTB. “Apa hasilnya di DKPP, kami sama sekali tidak tahu. Sifatnya kami menunggu. Jika dilakukan sidang nanti, kami dari Panwslu pasti hadir. Sebab sebagai pelapor ke DKPP,” tegasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here