Beranda Headline Dari LIA ke King Abdul Aziz Jeddah

Dari LIA ke King Abdul Aziz Jeddah

BERBAGI
LIA FOR RADAR MANDALIKA SELAMAT JALAN: Jamaah calon haji saat memeriksa koper di sekitar tempat parkir pesawat, Selasa malam.

PRAYA — Sebanyak 455 jamaah calon haji (JCH) kloter pertama Lombok Tengah (Loteng) diterbangkan ke tanah suci Makkah, Selasa malam (17/07).
Tamu Allah ini, diterbangkan dengan menggunakan pesawat Garuda Boeing 747-400 dengan nomor penerbangan GA 5101 sekitar pukul 22.35 Wita. Namun sebelum diterbangkan jamaah disambut panitia diantaranya, Kementerian Agama, Dishub NTB , Garuda Indonesia, General PT Angkasa Pura I, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Mataram, Kantor Karantina Pelabuhan, Bea Cukai, Imigrasi, TNI, Polri, serta PT Gapura Angkasa.
General Manager Lombok International Airport I (LIA), Gusti Ngurah Ardita mengatakan, maskapai yang akan mengangkut penerbangan haji sendiri sudah mendarat sejak Minggu siang (15/07) di LIA pukul 12.00 Wita. Pesawat yang digunakan sama dengan tahun sebelumnya yang mempunyai kapasitas lebih besar untuk jumlah penumpang. Terlebih lagi pada embarkasi Haji tahun ini, penerbangan melalui LIA langsung menuju Jeddah – Madinah tidak perlu transit mengisi bahan bakar seperti tahun sebelumnya.
“Jumlah keseluruhan jamaah,” kata Ardita.
GM menegaskan, untuk mendukung pemberangkatan haji yang dilakukan setiap tahun tersebut, pihaknya sekarang menyiapkan beberapa fasilitas untuk menunjang penerbangan haji, Dimana PKP-PK yang sebelumnya berada pada kategori 7 ditingkatkan menjadi kategori delapan.
“ Kami telah memastikan kesiapan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan haji tahun ini,” bebernya.
Ardita mengaku, setelah melihat jadwal keberangkatan haji memang beberapa jadwal bersamaan dengan penerbangan reguler. Haya saja itu tidak akan menjadi masalah. Sebab, pihaknya sudah antisipasi dengan memanfaatkan secara maksimal waktu yang ada dan mempersiapkan semuanya agar tidak ada dampak pada operasional bandara dan penerbangan reguler.
“Semua akan lancar. Karena kami telah menyiapkan sejak jauh harinya,” cetusnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here