Beranda Lombok Barat Sabar, Pengisian Jabatan Lagi Diproses

Sabar, Pengisian Jabatan Lagi Diproses

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA H Fauzan Khalid

LOBAR —Kalangan dewan kembali meminta Bupati Lombok Barat (Lobar), segera melakukan pengisian jabatan lowong. Jika lama dibiarkan kosong dikhawatirkan akan mempengaruhi pembahasan APBD Perubahan.
Bupati Lobar, H Fauzan Khalid mengatakan, pengisian jabatan lowong termasuk mutasi sedang berproses. Sebenarnya, pengisian dan mutasi dapat dilakukan saat kepemimpinan Lobar dipegang Penjabat Sementara (Pjs) Bupati. Apalagi hasil proses seleksi sudah keluar, termasuk izin dari Kemendagri dan KASN lima bulan lalu. “Dulu (saat dipegang Pjs), tidak ada halangan (untuk pengisian). Sekarang harus evaluasi, dan izin ulang,” jelas Fauzan ditemui selepas paripurna dewan, kemarin.
Nama-nama hasil seleksi kemungkinan tetap diajukan pihaknya untuk dilakukan pengisian. Hanya saja, Bupati masih akan mengkonsultasikan ke KASN terkait nama yang sudah melebihi batas umur ketentuan untuk dilantik. “Seharusnya desakan (pengisian) itu bukan sekarang. Karena saya dan Sekda sudah mempersiapkan sebelumnya, Cuma didiamkan lima bulanan,” ujarnya.
Dampak terlalu lama didiamkan, beberapa nama yang lolos seleksi terancam tak bisa dilantik. Sebab, beberapa pejabat itu sudah melebihi batas usia untuk dapat dilantik.
Bahkan kemungkinan, evaluasi terhadap nama-nama lima besar yang lolos seleksi Pansel akan kembali diusulkan ke KASN dan Kemendagri. Pemkab juga sudah mengajukan surat tertulis untuk konsultasi ke KASN. “Kalau nama (hasil pansel) itu masih bisa diajukan. Cuma izinnya (diajukan ulang),” imbuhnya.
Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar, H Moh Taufiq menambahkan, pihaknya siap melaksanakan mutasi selama ada perintah dari Bupati. Terkait nama-nama yang lolos namun melebihi ketentuan usia dilantik, Taufiq menyarankan untuk tetap dilaksanakan pengisian sesuai izin yang dahulu. Hanya saja, harus memenuhi syarat ketentuan yang berlaku. “Lakukan saja pengisian yang memenuhi syarat sesuai izin yang sebelumnya. Ketika (nama) tidak memenuhi syarat, jangan dilantik,” tegasnya.
Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Lobar Munawir Haris meminta agar jabatan yang kosong segera diisi. “Yang berprestasi berikan reward, dan yang gagal berikan punishment. Ada sikap tegas,” perintahnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here