Beranda Lombok Barat Pemkab Menanti Kuota CPNS

Pemkab Menanti Kuota CPNS

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA H Moh Taufiq

LOBAR —Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) belum menerima kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pemerintah Pusat. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar, H Moh Taufiq saat dikonfirmasi terkait penerimaan CPNS di Lobar. “Saya belum dapat informasi berapa jatah untuk Kabupaten Lombok Barat (Lobar),” kata Taufiq selepas menghadiri rapat paripurna di DPRD Lobar, kemarin.
Kendati demikian, Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya manusia (BKD-SDM) Lobar sudah mengajukan permintaan kebutuhan pengawai. Permintaan itu sudah ditujukan kepada pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi NTB. “Kita sudah usulkan,” ujar mantan Asisten III Setda Lobar ini.
Besar harapan, Lobar mendapat jatah kuota CPNS tahun ini. Sebab kabarnya, pembagian jatah kuota CPNS diberikan kepada seluruh kabupaten/kota se Indonesia. “Mudah-mudahan ada, dan kita harapkan ada. Nanti akan diumumkan (oleh pusat) akhir Juli,” ungkapnya.
Sebelumnya, BKD-SDM Lobar sudah mengajukan 1.800 formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB). Kebutuhan formasi itu sudah melalui kajian dan pemetaan analissi jabatan yang dibutuhkan oleh Pemkab Lobar. Hanyas saja, usulan itu masih menunggu persetujuan Pemprov NTB.
Sementara dari Pemprov NTB, mengusulkan untuk rekrutmen CPNS kepada KemenPan-RB sebanyak 6.133 formasi. Dari jumlah tersebut, Lobar kebagian 215 formasi.
Kemudian dalam rekrutmen CPNS 2018, KemenPan-RB telah memberikan standar usulan formasi. Dimana KemenPan-RB mengambil kebijakan zero frowth, atau kuota CPNS akan disesuaikan dengan jumlah PNS yang pensiun atau batas usia pensiun (BUP) pada 2018. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here