Beranda Lombok Barat Operasi Cipta Kondisi Tekan Kejahatan

Operasi Cipta Kondisi Tekan Kejahatan

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PERIKSA: Anggota Satlantas Polres Lobar saat memeriksa kelangkapan berkendara pengemudi di jalur bypass BIL I GMS, kemarin.

LOBAR —Maraknya aksi kejahatan jalanan seperti penjambretan hingga curanmor di Kota Mataram, ikut menjadi atensi Polres Lombok Barat (Lobar). Tidak ingin terjadi di Lobar, Polres setempat mengelar Operasi Cipta Kondisi.
Seperti terlihat di jalur bypsas BIL I Bundaran Giri Menang Squre (GMS), kemarin. Sejak pukul 09.00-10.30 Wita, Satlantas Polres Lobar melakukan razia terhadap kendaraan yang melintas di jalur itu. Pemeriksaan dilakukan terhadap kelengkapan berkendara hingga surat-surat. “Ini operasi razia rutin yang memang sudah sering kita lakukan, dalam rangka cipta kondisi juga,” kata Kasat Lantas Polres Lobar, Iptu L Panca Warsa.
Menurutnya, Operasi Cipta Kondisi ini juga untuk mengatensi tindak kejahatan yang lagi marak terjadi. Dicontohkan, tindak kejahatan begal yang terjadi di Kota Mataram beberapa hari lalu. Hingga korbannya meninggal dunia. “Operasi ini untuk antisipasi kejahatan jalanan seperti jambret dan begal,” tegasnya.
Operasi ini akan menyasar beberapa titik kawasan tertib berlalu lintas (KTL) di Lobar. Termasuk di jalur bypas BIL I dan II di wilayah Lobar. “Jalur BIL adalah lintasan wisatawan yang masuk ke NTB, baik dari bandara maupun pelabuhan,” jelasnya.
Terkait waktu pelaksanaannya, operasi akan dilaksanakan tiga kali dalam sehari. Yaitu pagi hari sekitar pukul 09.00 wita sampai 10.30 wita, siang hari pukul 14.00 wita sampai 15.30 wita, dan malam hari pukul 20.00 wita sampai 21.30 wita.
Berapa banyak pelanggaran yang ditindak kemarin? Panca menjawab, jumlah kendaraan yang ditindak sebanyak 87 pelanggaran. Terdiri dari pelanggaran tidak menggunakan helm SNI sebanyak 83 pelanggar, pengguna kendaraan di bawah umur sebanyak 12 pelanggar, dan melawan arus tiga orang. “Ada juga tidak menggunakan sabuk pengaman sebanyak lima orang,” pungkasnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here