Beranda Headline Investasi Dominan Pertambangan dan Pariwisata

Investasi Dominan Pertambangan dan Pariwisata

BERBAGI

MATARAM — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) NTB mencatat, investasi masih dominan pada sektor pertambangan dan pariwisata. Selain juga ada perkembangan dari sektor perikanan, pertanian dan peternakan.
“Ini realisasi investasi berdasarkan Laporan Kegiatan Penaman Modal (LKPM),” kata Kepala DPM-PTSP Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi, kemarin.
Pada semester I hingga Juni 2018, investasi belum dapat direalisasikan karena sedang dalam proses merekap. Dipastikan pada akhir Juli 2018, akan direalisasikan. “Sekarang sudah masuk datanya tetapi masih menunggu. Karena ini kan secara online maupun manual, baik untuk pemegang izin investasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI maupun di daerah,” jelasnya.
Untuk realisasi investasi antara Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) di NTB, masih banyak pada PMDN untuk tahun 2018. Namun trendnya menunjukkan pertumbuhannya yang positif. Sedangkan pada tahun 2017 dan 2018 menurut year on year (y on y) triwulan I progresnya sangat bagus.
“Kalau mengacu pada 2017, PMDN nyaris sembilan triliun. Kemudian PMA Rp 2 triliun. Ini lebih dari target pencapaiannya,” ucap Gita.
Ia menjelaskan, kontribusi yang meningkatkan investasi pada triwulan pertama y on y terjadi di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Dimana banyaknya investor yang menanam modalnya di kawasan pariwisata tersebut. Selain ada beberapa wilayah yang memiliki potensi pariwisata. Seperti investor yang berinvestasi di KEK Mandalika, KLU, Lombok Barat dan kota Mataram. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here