Beranda Praya Metro Dorong Swadaya bagi Warga Desa Persiapan

Dorong Swadaya bagi Warga Desa Persiapan

BERBAGI
ILUSTRASI

KOPANG —Setelah memiliki desa persiapan tahun lalu, Pemdes Dasan Baru, Kecamatan Kopang terus mendorong warganya untuk berswadaya dalam pembangunan kantor desa persiapan. Tak terkecuali, Pemdes induk juga melakukan hal demikian. Karena bagaimanapun, desa persiapan masih tanggung jawab desa induk.
Kades Dasan Baru, Sahrianto mengatakan, sebagai bentuk keseriusan warga di enam dusun yang masuk dalam Desa Persiapan Pajangan. Dusun Ponggong, Penyaye, Dasan Baru, Ontok Barat, Ontok Timur, dan Dusun Gombas. Warga memaksimalkan swadaya dalam mensukseskan pembangunan di desa pemekaran. Untuk lahan kantor desa, warga telah mengumpulkan dana untuk membeli lahan seluas 13 are di Dusun Penyaye. Tidak itu saja, kas desa persiapan untuk pembangunan gedung kantor yang bersumber dari swadaya warga juga telah ada yang terkumpul. Salah satu sumbernya, dari alokasi gaji sebanyak 10 persen dari perangkat desa persiapan.`
“Perangkatnya juga kita sepakati untuk swadaya,” katanya.
Ditambahkan, agar dana swadaya yang terkumpul lebih banyak lagi pihaknya juga menaruh kotak amal pembangunan kantor di kantor sementara desa persiapan dan di kantor desa induk. Hal ini dilakukan agar percepatan pembangunan kantor desa bisa terlaksana. Memang, hasilnya tidak seberapa akan tetapi paling tidak bisa menambah dana yang telah terkumpul sebelumnya. Selain itu untuk mempercepat realisasi pembangunan kantor desa pemekaran. Tahun ini Pemdes induk mengalokasikan dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang sekaligus sebagai awal pembangunan kantor sembari fokus pada perbaikan sarana infrastruktur lain di desa persiapan. Sebab selain adanya kantor desa persiapan, pendukung lain agar cepat menjadi desa definitif yakni terpenuhinya sarana infrastruktur dasar lainnya. Salah satunya akses jalan dusun dan desa.
“Tahun ini kita sudah mulai membangun kantornya,” pungkasnya. (tar/r04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here