Beranda Praya Metro
BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA Drs Jalaludin DPMD Surati Inspektorat Periksa 96 Desa

PRAYA —Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah telah menyurati Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan ke 96 desa. Terutama desa-desa yang Kadesnya bakal habis ikut meramaikan pemililihan kepala desa (Pilkades) 24 Oktober mendatang.
Kepala DPMD Loteng, Jalaluddin mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya telah melayangkan surat permintaan pemeriksaan ke Inspektorat untuk 96 desa. Sebab, beberapa desa ini Kadesnya akan memasuki purna tugas dan ikut berkompetisi menjadi Kades lagi. Selain itu juga, sekitar 10 Kadesnya akan mencalonkan diri menjadi calon legeslatif (Caleg). Dan sesuai aturan yang ada mereka harus mundur. Untuk diketahui sesuai regulasi, sebelum masa jabatan Kades berakhir harus dilakukan audit terkait masa jabatannya selama enam tahun oleh inspektorat. Termasuk terakhir soal pengelolaan Dana Desa (DD) tahap I dan II yang sudah dicairkan. Lebih dari itu, dalam pengelolaan dana Kades berkewajiban dalam membuat RPJMDes, RKPDes, LKPJ ke BPD dan yang terpenting LPPD masa akhir jabatan ke bupati.
“Audit ini wajib dijalankan oleh Kades pada akhir masa jabatannya,” ungkap Jalal.
“Nanti mereka (inspektorat, Red) yang akan agendakan terkait hal itu. Yang jelas kita sudah sampaikan. Dan kita berharap inspektorat segera lakukan,” sambungnya.
Ditambahkan, jika dalam pemeriksaan ditemukan persoalan oleh Inspektorat seperti temuan tonggakan dari tugas akhir jabatan dan lainnya. Mekanismenya harus diselesaikan segera. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melayangkan surat ke pihak kecamatan mengenai pelaksana tugas Kades yang akan ditempatkan puluhan desa tersebut. Lebih jauh dikatakannya, kalau meninjau regulasi yang ada, pelaksana tugas (Plt) Kades akan diisi oleh Sekdes desa setempat. Kalaupun Sekdesnya juga mencalonkan diri, akan diisi oleh Kasi Pemerintahan.

“Sudah ada aturannya. Yang terpenting dalam audit inspektorat semoga tidak ada temuan yang memberatkan Kades,” pungkasnya. (tar/r04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here