Beranda Lombok Barat Sisi Lain Hari Pertama Sekolah di SMPN 4 Gerung

Sisi Lain Hari Pertama Sekolah di SMPN 4 Gerung

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA MASUK SEKOLAH: Beginilah suasana haru saat para siswa baru SMPN 4 Gerung meminta restu dari orangtuanya di hari masuk sekolah, kemarin.

Diwarnai Isak Tangis, Murid Minta Restu Orangtua

Hari pertama masuk sekolah sudah dimulai kemarin. Suasana haru mewarnai hari pertama kembali ke bangku sekolah di SMPN 4 Gerung.

WINDY DHARMA-LOBAR

SELURUH sekolah, termasuk Lobar memulai proses belajar mengajar, kemarin. Pada hari pertama ini, terdapat beberapa cerita unik. Seperti terjadi di SMPN 4 Gerung.
Pagi itu, suasana sekolah yang berada di dekat jalur bypass BIL I ini tampak sedikit berbeda. Di hari pertama sekolah, seluruh siswa baru datang bersama orangtuanya mengikuti apel bendera.
Hal ini sengaja diminta pihak sekolah agar para orangtua siswa menyaksikan langsung suasana pengenalan lingkungan sekolah (PLS) bagi para buah hatinya. “Kita minta semua orangtua siswa baru untuk hadir di hari pertama masuk sekolah,” kata Kepala SMPN 4 Gerung, Rohana.
PLS itu digelar selama tiga hari mulai 16-18 Juli 2018 mendatang. Seperti tahun sebelumnya, PLS diawali pra PLS dari Jumat (13/7) sampai Sabtu (14/7). Di hari pertama PLS, sekitar 85 persen orangtua siswa hadir dan mengikuti apel pagi. Berbagai kegiatan pun digelar pihak sekolah saat PLS hari pertama. Salah satunya simulasi orangtua dengan siswa baru.
“Caranya dengan mengenali orangtuanya dari belakang,” sambung wanita berjilbab ini.
Suasana haru pun mulai muncul usai simulasi. Para siswa meminta doa dan restu kepada orangtuanya yang ikut datang mengantar. Isak tangis pecah, ketika orangtua dengan bijak menyampaikan pesan kepada sang anak saat akan mulai memasuki jenjang SMP. “Saya juga terharu. Banyak siswa dan orangtua yang menangis,” katanya.
Selanjutnya masih ada acara penyerahan siswa dari orangtua kepada para guru atau pihak sekolah yang dilakukan secara simbolis. Selama PLS, siswa baru akan mendapat berbagai materi yang sudah disiapkan. Tentunya berkaitan dengan program apa saja yang ada di sekolah. Kegiatan outbond yang bernuansa pendidikan karakter hingga pendidikan inovasi yang berasal dari para tutor, guru dan OSIS.
Pada tahun ajaran 2018/2019. SMPN 4 Gerung menerima siswa baru sebanyak 203 orang. Terbagi di tujuh Rombongan Belajar (Rombel). Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu, sebanyak 176 siswa dengan enam rombel.
Peningkatan itu tentunya diimbangi dengan fasilitas yang tersedia untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Sebab, pihak sekolah tidak mungkin berani menerima siswa melebihi kemampuan sekolah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here