Beranda Praya Metro Kabul Bangun Jembatan Desa

Kabul Bangun Jembatan Desa

BERBAGI

PRABARDA—Fasilitas pendukung ekonomi masyarakat Desa Kabul, Kecamatan Praya Barat Daya (Prabarda) masih belum terpenuhi. Salah satunya jembatan penghubung jalan desa. Atas kondisi tersebut, Pemdes setempat sejak 2016 lalu sudah membangun jembatan desa.
Kades Kabul, M Usman Jafar mengatakan, sejak 2016 lalu pihaknyabanyakmembangun jembatan penghubung jalan desa. Dalam hal ini, Pemdes mengalokasikan dana cukup besar setiap tahun untuk pembangunan jembatan. Program ini dilaksanakan karena di desanya banyak pemukiman warga yang berbatasan dengan sungai. “Itu pun sungai yang dilintasi cukup panjang,” tuturnya.
Dikatakan, pada 2016 satu buah jembatan di bangun di Dusun Kending Sampi dengan panjang 15 meter. Dengan anggaran yang dihabiskan berkisar Rp 140 juta. Sedangkan 2017, Pemdes juga membangun dua unit jembatan. Masing-masing jembatan dibangun di Dusun Orok Solong dan Dusun Berung. Kedua jembatan tersebut panjangnya sama, yakni 6 meter dengan lebar 3,5 meter. Dengan panjang tersebut, Pemdes menghabiskan dana Rp 180 juta lebih. “Untuk tahun ini, satu jembatan lagi di Dusun Rumpang. Dananya saya kurang tahu. Tapi untuk kualitas pengerjaannya. Kita prioritaskan dari segalanya,” terangnya.
Ditambahkan Usman, dari usulan masyarakat selama ini setidaknya 11 jembatan mendesak untuk dibangun. Termasuk beberapa unit yang tuntas dikerjakan selama ia menjabat. Oleh karena itu,Usman berharap dengan dana yang terus bertambah setiap tahun, sisa yang belum dibangun bisa didanai. Untuk secara keseluruhan, Pemdes belum bisa mengalokasikannya.Dikarenakanbanyaknya program skala prioritas desa lainnya. Pemdes hanya bisa menganggarkan secara bertahap melalui Dana Desa (DD). Sedangkanjika dilihat dari panjang aliran Sungai Sape, menjadikan beberapa dusun banyak membutuhkan jembatan.
“Ketika musim hujan warga kami di sejumlah dusun terhambat untuk keberlangsungan akses ekonominya, sosial, budaya, pendidikan dan lainnya. ,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here