Beranda Mataram Libatkan Masyarakat Pantau Klien BNN

Libatkan Masyarakat Pantau Klien BNN

BERBAGI
ILUSTRASI

MATARAM—Lingkungan Karang Bagu di Kecamatan Cakranegara telah mendapat pendampingan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mataram, untuk terlepas dari stigma sebagai sarang penyalahgunaan narkoba. Dari pemetaan BNN Kota Mataram, di semua wilayah ada kasus narkoba. Baik yang ditangani Polres, BNN, maupun Polda.
Namun terdapat tiga wilayah yang masuk zona merah penyalahgunaan narkoba. Yakni Kecamatan Mataram, Cakranegara, dan Sanubaya. “Kita sudah upayakan pemberdayaan masyarakat. Bersama kepolisian juga,” ujar Kepala BNN Kota Mataram, H Nur Rachmat.
Namun selesai rehab, ketika mantan pencandu kembali ke lingkungannya tentu godaannya berat. Untuk itu, BNN memberdayakan sumber daya yang ada di wilayah setempat. Seperti Bhabinkamtibmas, dan Babinsa untuk membantu mantan pencandu benar-benar bebas dari pengaruh narkoba.
“Kita sampaikan ke Bhabinkamtibmas, dan Babinsa progress klien setelah pengobatan agar bisa terpantau. Sehingga, mereka ikut bertanggungjwab terhadap pemulihan mereka (klien, Red),” jelasnya.
Bahkan, BNN akan memberikan alamat dan identitas pasien usai rehab. Sebab, pengawasan dari BNN hanya enam bulan pasca rehab. Sehingga, perlu ada pengawasan lanjutan dari sumber daya yang ada di kawasan tempat tinggal klien.
Mengenai progress Karang Bagu, lanjutnya, tetap dilakukan pemberdayaan terhadap masyarakat di kawasan tersebut. “Kita rutin senam bersama, dan peran tokoh masyarakat setempat sudah baik,” ungkapnya.
Hanya saja, kata Nur, angkanya masih stagnan. Artinya, masih harus ada upaya keras lagi karena angka kasus penyalahgunaan narkoba di Karang Baru grafiknya masih naik turun. “Jumlahnya tidak besar. Tapi adakala turun, tapi kadang naik,” bebernya.(rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here