Beranda Headline Kades Kuta Tolak Pembangunan Pasar

Kades Kuta Tolak Pembangunan Pasar

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA Lalu Badarudin

PRAYA – Kepala desa (Kades) Kuta, Kecamatan Pujut L Badarudin menolak keras rencana Pemkab Lombok Tengah (Loteng), membangun pasar tradisional di lapangan umum desa setempat.
Menurut Badarudin, keberadaan pasar di sana dinilai tak cocok. Pasalnya, selama ini lapangan itu dimanfaatkan pemuda, dan belum lagi lokasinya dekat dengan ruang terbuka hijau (RTH).
“Kami menolak, dan meminta pemerintah mempertimbangkan,” tegasnya, Jumat lalu kepada wartawan.
Badarudin meminta pemerintah untuk mencari lokasi lain. Katanya, tidak ada artinya pemerintah membangun apapun jika tidak didukung masyarakat dan pemerintah desa.
“Pemuda di desa juga pasti akan menolak,” yakin dia.
Kata Badarudin, jika Pemkab ingin membangun pasar lokasi yang tepat di dekat Pasar Seni Kuta. Sebab, lahannya luas dan potensi kedepanya juga akan menjajikan bagi pedagang.
“ Tidak masalah kalau pasar seni berdekatan dengan pasar tradisional,” sebut dia.
Kata Badarudin, informasi yang ia terima dari Dinas PUPR jika pembangunan pasar itu sekarang dalam proses tender. Namun untuk lokasi hingga kini belum ada kesepakatan yang diambil titik mana.
Bukan itu saja, pemerintah hingga sekarang belum melakukan sosialisasi untuk pembangunan ini. badarudin khwatirkan jika tidak ada pemberitahuan ini akan jadi masalah baru.
Dia menambahkan, disisi lain Pemdes melihat pembangunan pasar memang merupakan prospek yang sangat bagus untuk membangkitkan roda perekonomian masyarakat. Apalagi, dengan keberadaran kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang menjanjikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Loteng, H Saman mengaku, untuk pembangunan pasar tradisional memang akan ada tahun ini. Salah satunya di Desa Beleka, Ganti dan kemungkinan di Desa Kuta. Namun dia mengaku belum mengetahui pasti sejauh mana prosesnya, karena yang lebih mengetahauinya Kabid Perdagangan.
“Cobak tanyakan langsung ke pak Kabid ya,” jawabnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here