Beranda Mataram JCH Mataram Diberangkatkan 21 Juli

JCH Mataram Diberangkatkan 21 Juli

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Burhanul Islam

MATARAM—Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Mataram tahun ini, tetap terbagi dalam tiga kelompok terbang (Kloter). Untuk kloter 4 siap diberangkatkan pada tanggal 21 Juli mendatang. Menyusul kloter 7 pada tanggal 26 Juli, dan kloter 9 pada 29 Juli mendatang. “Persiapan untuk JCH sudah hampir paripurna,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H Burhanul Islam.
Total jamaah yang berangkat tahun ini adalah 763 orang. Jumlah itu di luar lima orang petugas haji, yang terdiri dari satu orang petugas kloter, ketua kelompok, pembimbing ibadah, dokter, dan perawat. Sementara nasib 33 jamaah cadangan, tetap berstatus cadangan. “Belum ada turun alokasi untuk jamaah cadangan. Jadi 33 orang itu masih posisi cadangan,” ungkapnya.
Hanya patut mendapat perhatian khusus di kloter 4, karena 75 persennya merupakan jamaah risiko tinggi (risti). “Risiko tinggi dari segi usia, karena berusia di atas 60 tahun,” katanya.
Jamaah risti tersebut berada di kloter 4 berdasarkan pemetaan petugas kesehatan. Sehingga mudah dilakukan pemantauan, penanganan, dan pendampingan selama di Tanah Suci.
Sebagai bentuk persiapan, lanjutnya, para ketua regu, ketua rombongan, hingga petugas kloter telah diberikan pemantapan dan pembekalan. Termasuk singkronisasi pelaksanaan tugas. “Koper, dan buku manasik sudah dibagikan ke seluruh jamaah. Artinya jamaah sudah siap berangkat,” sambungnya.
Kepada jamaah juga sudah diberikan pembekalan dan sosialisasi mengenai barang-barang yang boleh dan tidak dibawa saat menunaikan ibadah haji. “Pembekalan ke jamaah sudah dilakukan sejak pembinaan manasik di tingkat kecamatan. Termasuk diperagakan apa saja yang boleh dibawa di koper dan tas tentengan,” ujarnya seraya menambahkan, sosialisasi dilakukan dengan poa menunjukkan slide agar jamaah makin paham. “Apa-apa yang tidak boleh dibawa, sudah kita antisipasi dan sosialisasikan,” imbuhnya.
Lebih jauh dijelaskan Burhanul, seluruh kloter akan dilepas kepala daerah di halaman Kantor Wali Kota Mataram. Untuk kloter 4 yang merupakan kloter utuh akan masuk di kantor Wali Kota pukul 7 pagi. Kemudian penerimaan di Asrama haji pada pukul 10.00 Wita.
Kloter 7 juga dilepas sekitar pukul 07.30 Wita. Sedangkan kloter 9 yang berjumlah 124 orang, proses pelepasan ba’da Zuhur karena masuk Asrama haji pukul 17.00 Wita.(rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here