Beranda Lombok Barat Developer Diajak Tangani RTLH

Developer Diajak Tangani RTLH

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA HL Winengan

LOBAR—Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lombok Barat (Lobar) akan mengumpulkan para pengembang perumahan yang membangun di Lobar. Hal itu guna memastikan komitmen para pengembang dalam mengintervensi program Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
“Karena sudah selesai politik ini, maka kita akan segera undang seluruh developer untuk merealisasikan komitmen membantu RTLH,” ungkap Kepala Disperkim Lobar, HL Winengan, kemarin.
Ia mengharapkan, gabungan developer dapat membangun sekitar 24 unit RTLH bagi masyarakat tidak mampu. Artinya, masing-masing developer dapat berkontribusi sebanyak dua unit. “Jumlag developer sekitar 12. Kalau rata-rata dua unit bisa 24 unit. Kalau 24 kali Rp 15 juta sudah berapa itu,” rincinya.
Menurutnya, hal itu bukan menjadi target lantaran berupa sumbangan dari pihak developer. Bahkan bentuk sumbangan bukan berupa uang, namun bangunan RTLH yang sudah siap huni bagi warga miskin. Lokasinya pun disesuaikan dengan wilayah tempat para developer itu membangun perumahan. “Kita sifatnya hanya koordinasi (dengan developer),” sambungnya.
Sebelumnya, pihak pengembang ragu dalam melakukan pembangunan di Lobar. Lantaran rencana tata ruang wilayah (RTRW) atau rencana detail tata ruang (RDTR) Lobar yang masih dianggap abu-abu. Sehingga pihak pengembang mengharapkan agar Pemkab Lobar segera merampungkannya.
Menanggapi hal itu, pria berkepala plontos ini mengaku jika proses pengurusan RTRW/RDTR sudah dilakukan Pemkab Lobar. Hanya saja sejauh ini masih berada di pusat. “RDTR itu putusannya bukan di Mataram tapi di Jakarta (pengurusannya). Orang sudah diurus dua tahun kok,” ungkapnya.
Setelah RTRW/RDTR tersebut disahkan oleh pemerintah pusat, diyakini akan mempermudah pembangunan di Lobar. Hanya saja, ia mengharapkan pihak pengembang tidak lantas cuek setelah regulasi itu rampung nantinya. “Jangan nanti stafnya yang disuruh menemui saya untuk mengurus, harusnya direkturnya,” tegasnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here