Beranda Mataram DD Tahap 2 Belum Semua Tersalurkan

DD Tahap 2 Belum Semua Tersalurkan

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Tauhid

MATARAM-DPJ Kanwil Pembendaharaan Provinsi Nusa tenggara Barat (NTB) mencatat, realisasi penyaluran dana desa (DD) mencapai Rp 1,9 miliar atau 19,99 persen dari pagu alokasi anggaran. Sementara pada tahap I, DD sudah tealisasi ke semua kabupaten di NTB. Hanya pada tahap II ini, penyaluran DD ke Kabupaten bima belum terealisasi.
Kepala Kanwil DJPB Provinsi NTB, Tauhid mengatakan keterlambatan penyaluran DD dipicu berbagai hal. Salah satunya, masih terdapat daerah yang belum menetapkan Perkada tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian DD setiap desa. Selain ada juga indikasi lain, dimana mereka belum mengupdate data mengenai penerapannya. “Telatnya itu, kebanyakan dari uang-uang yang ada, baru membiayai belanja-belanja rutin yang sewaktu itu mungkin sedang jadi hutang. Selain juga belum mengupload atau mengupdate datanya,” jelasnya belun lama ini.
Ditambahkan, DD tahap I dana yang tersalurkan di Kabupaten Bima sekitar 20 persen. Tetapi untuk tahap II, memang ada beberapa kendala. Sehingga data penerapannya belum ada.
Terdapat tiga penerapan dalam DD yang tersalurkan, yaitu penerapan dari kas rekening umum negara kas umum daerah. Kedua, kas rekening umum daerah masuk rekening kas desa. Ketiga, rilnya pembayaran dari desa. “Kalau sudah semua, berarti DD itu sudah selesai. Sedangkan ke empat adalah pelaporannya kepada kita bahwa itu sudah terealisasi,” rincinya.
Sementara perwakilan KPPN Kota Bima, Safrudin menjelaskan, DD untuk wilayah Kabupaten Bima sudah ada yang terealisasi di beberapa desa. Hanya saat ini datanya belum masuk. “Untuk tahap kedua ini, kita transfer ke RKUD. Tetapi informasinya dari staf ini yang tidak diinput. Stafnya harusnya aktif. Karena sudah ada beberapa desa yang disalurkan,” jelasnya. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here