Beranda Praya Metro Awas! Pohon Tumbang

Awas! Pohon Tumbang

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA BERBAHAYA: Mobil Patroli Polsek Praya tidak bisa melintas saat pohon tumbang di Jalan Sultan Hasanudin, kemarin.

PRAYA – Kepada pengendara agar lebih waspada akhir-akhir ini. Pasalnya, cuaca belum bersahabat, bahkan mendadak terkadang angin kencang datang. Akibatnya, pohon ukuran besar di sekitar jalan raya tumbang dan mengancam keselamatan pengendara.
Demikian juga yang terjad di Jalan Sultan Hasanudin Kampung Beremis, Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya. Akibat angin kencang, pohon ukuran besar yang sudah lapuk tumbang dan terbentang di jalan raya. Selain itu, kabale listrik dan atap rumah warga ikut tertimpa.
Dari kejadian ini, beruntun tidak ada korban jiwa. Secara kebetulan kondis di lokasi tidak ada warga yang melintas. Demikian juga pemilik rumah.

Kepala Badang Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, H Muhammad menyampaikan, kondisi angin kencang belakangan ini dikhawatirkan berpotensi menyebabkan pohon banyak tumbang. Apalagi, banyak di pinggir jalan raya ditemukan pohon ukuran besar yang sudah lapuk.
“Kebanyakan penyebab pohon tumbang adalah karena usia pohon yang sudah tua,” katanya pada Radar Mandalika, kemarin.
Muhammad menegaskan, pihaknya mengaku sudah melakukan beberapa upaya antisipasi sebelum memasuki musim kemarau. Sekitar Juni sampai Juli, BPBD sudah melakukan pembabatan ranting pohon. Namun itu dilakukan khusus untuk pohon di pinggir jalan utama protokol.
“Pokoknya masyarakat harus waspada,’’ imbaunya.(jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here