Beranda Praya Metro Sudah Sebulan, Nelayan Tidak Melaut

Sudah Sebulan, Nelayan Tidak Melaut

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA CUACA BURUK: Salah seorang sedang melinta di sekitar parkiran sampan nelapan, kemarin.

PRAYA – Angin kencang dan gelombang tinggi membuat para nelayan di Desa Kuta, Kecamatan Pujut tidak pernah melaut. Bahkan hitungannya, sekitar sebulan lamanya mereka tidak pernah turun menangkap ikan.
“Ini akibat kondisi cuaca, jadi kami tidak pernah melaut,” ungkap nelayan dari Desa Kuta, Zulkarnaen pada wartawan, kemarin.

Dia yang dijumpai wartawan di sekitar pesisir pantai mengaku, sudah cukup lama tidak melaut. Zulkarnaen menegaskan, tidak berani mengambil risiko melaut di tengah cuaca yang ekstrem saat ini. Selama ini, katanya warga sekitar hanya mengandalkan pemasukan dari hasil menangkap ikan.
“Jumlah nelayan di sini ratusan,” beber dia.
Zulkarnaen memprediksi, cuaca akan kembali normal bulan Oktober dan November. Sebab, kondisi ini biasa terjadi setiap tahunnya. Untuk itu, para nelayan sudah terbiasa menghadapinnya.
“Mudahan saja segera cuaca bersahabat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, H Muhamad menegaskan, pemerintah sudah mengeluarkan imbuan kepada masyarakat untuk mengantisipasi adanya angin puting beliung. Terutama bagi nelayan.
“Saya tidak tahu sampai kapan angin kencang ini,” katanya, kemarin.
Muhamad mengaku, hingga sejauh ini pihaknya masih belum menerima laporan tentang adanya korban akibat angin kencang ini. Namun, pemerintah berharap jangan sampai ada.(jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here