Beranda Praya Metro Setuta Latih Warga Teknologi Tepat Guna

Setuta Latih Warga Teknologi Tepat Guna

BERBAGI

JANAPRIA—Pemerintah Desa Setuta, Kecamatan Janapria tahun ini bakal melatih warga program pengembangan teknologi tepat guna. Teknologi tepat guna yang dimaksud yakni pengolahan pakan dan kotoran ternak untuk dijadikan pupuk kompos.
Penjabat Sementara (Pjs) Kades Setuta, Samsun Rizal mengakui bahwa program ini sangat dinantikan warga. Pasalnya program ini sangat mendukung pengembangan profesi warga di bidang peternakan. Apalagi sebagian besar warga Setuta menjadikan profesi ternak sebagai profesi kedua setelah pertanian. Alasan lainnya, warga selama ini kesulitan memperoleh pakan bagi ternaknya. Sehingga dengan adanya pelatihan ini, nanti persoalan pakan tidak menjadi kendala mereka. Selain itu, selama ini kotoran ternak terbuang sia-sia saja tanpa adanya upaya pengolahan menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti pupuk. Oleh karena itu, setelah warga dilatih diharapkan kedua teknologi terbarukan ini bisa meningkatkan perekonomian warga.
“Kalau musim kemarau, rumput di sini kan limit. Jika sudah tahu cara mengolahnya karena tidak mesti menggunakan rumput saja. Bisa dari jerami juga kan?” ujarnya.
Sekdes Setuta, Harwadianto menambahkan, untuk memaksimalkan program pemberdayaan ini, Pemdes akan bekerjasama dengan 14 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di 11 dusun. Pesertanya, akan diambil dari masing-masing Poktan dengan jumlah 30 orang. Agar pemberdayaan ini nantinya maksimal, sebagian besar pertemuannya akan dimanfaatkan untuk praktek.
“Karena ini sangat penting, kita anggarkan Rp 103 juta lebih melalui DD,” ujarnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here