Beranda Lombok Barat KPU Belum Terima Berkas Bacaleg

KPU Belum Terima Berkas Bacaleg

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Suhardi

LOBAR—Sejak pendaftaran dibuka 4 Juli lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Barat (Lobar) belum juga menerima dokumen dari para bakal calon legislatif (Bacaleg). Belum ada satu partai politik (Parpol) datang ke KPU membawa berkas pendaftaran kadernya yang akan berkontestasi dalam pemilu legislative (Pileg) 2019 mendatang.
Padahal pendaftaran tinggal menyisakan lima hari lagi. “Belum ada yang mendaftar. Tapi masih ada waktu,” kata Divisi Hukum KPU Lobar, Suhardi, kemarin.
Suhardi mengaku tidak tahu apa kendala parpol belum datang mendaftarkan kadernya. Harapannya, sisa waktu yang ada dimanfaatkan dengan baik oleh parpol. Bila pendaftaran dilakukan pada hari terakhir, bisa merugikan para bacaleg yang berkasnya tidak lengkap dan dikembalikan. “Kalau terjadi penumpukan pendaftaran di hari terakhir, kita sudah siapkan nomor antrean,” imbuhnya.
Suhardi menambahkan, pendaftaran caleg tahun ini menggunakan sistem informasi pencalonan (Silon). Teknisnya, parpol akan mengentry dokumen para kadernya yang menjadi Bacaleg untuk mengikuti Pileg 2019 dalam sistem tersebut. Selain nantinya Parpol datang ke KPU mendaftarkan secara langsung para kadernya.
“Sistem ini juga akan mencegah terjadinya Caleg ganda. Memudahkan penyelenggara, parpol dan masyarakat untuk mengecek data atau riwayat Bacaleg yang didaftarkan,” jelasnya.
Sesuai tahapan, selepas tahapan pendaftaran akan dilanjutkan dengan verifikasi administarsi oleh pihak KPU, dari tanggal 19-21 Juli mendatang. Hasil verifikasi akan disampaikan kepada setiap Parpol untuk kekurangan dari syarat kadernya yang mendaftar dalam pileg. “Diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan mulai tanggal 22-31 Juli, termasuk pengajuan bakal caleg pengganti,” pungkasnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here