Beranda Headline Bangunan Melanggar Siap-siap Ditindak

Bangunan Melanggar Siap-siap Ditindak

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA KENDALIKAN: Tim Satgas Gakkumdu, saat mengendalikan pembangunan mess kafe Diamond Labuhan Haji, yang menggunakan konstruksi dua lantai dan masuk aliran sungai, belum lama ini.

LOTIM – Tim yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Lingkungan Hidup, Lombok Timur (Lotim), akan segera melakukan penertiban bangunan yang melanggar aturan. Termasuk, penertiban galian C yang dinilai tidak patuh pada aturan. Tidak disebutkan, kapan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) bersama tim Satgas, turun melakukan penertiban.
Kepala Dinas LHK Lotim, Mulki kepada Radar Mandalika, kemarin mengatakan, sejak beberapa hari lalu Tim Satgas sudah mulai turun memberikan teguran terhadap sejumlah pemilik bangunan, dan tambang yang melanggar aturan. Saat ini, Tim Satgas sedang melakukan proses administrasi, sebelum dilakukan penertiban. “Kita fokus proses administrasi dulu. Setelah itu, kita berikan tindakan tegas,” tegas Mulki.
Lanjut Mulki menegaskan, jumlah bangunan yang melanggar aturan cukup banyak. Dari sejumlah bangunan yang dinilai melanggar aturan, paling parah dilakukan kafe Diamond Labuhan Haji.
Pihak Diamond merusak bangunan mess lama, dan membuat konstruksi baru berupa pondasi lantai dua. Pondasi lantai dua yang dibangun pihak Diamond, masuk daerah aliran sungai. Sebab, persis mess itu dibangun pinggir sungai. “Mumpung proses pembangunannya belum selesai, kita kendalikan untuk tidak melanjutkannya. Apalagi, membangun konstruksi dua lantai,” tegasnya.
Mengingat banyaknya bangunan melanggar aturan, pembinaan dan pengawasan terus dilakukan. Penertiban secara bertahap oleh tim satgas Gakkumdu LH, juga akan tetap dilakukan. “Bangunan banyak melanggar aturan, karena lemahnya pengawasan dimasa lalu,” pungkas Mulki seraya berharap masyarakat yang membangun, agar mentaati aturan yang sudah dibuatkan pemerintah. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here