Beranda Headline Trawangan Bebas Polusi, Itu Dulu!

Trawangan Bebas Polusi, Itu Dulu!

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA MAGNET WISATAWAN: Di Gili Trawangan tidak ada ditemukan mode transportasi berpolui. Selain sepeda, Trawangan juga menyediakan mode transportasi cidomo.

Kendaraan Pengangkut Sampah Ancam Pariwisata Gili

KLU—Kendaraan pengangkut sampah yang ditempatkan pemerintah sejak setahun lalu di Gili Trawangan membuat sejumlah anggota DPRD jenuh. Mereka menilai keberadaan kendaraan di kawasan pulau eksotik tersebut akan memicu munculnya kendaraan-kendaaraan lain yang bisa saja dibeli masyarakat dan pengusaha yang ada.
“Kalau ada kendaraan bermotor di Gili Trawangan, maka keperawanan kawasan wisata ini sudah hilang. Kami minta supaya pemerintah menarik kendaraan sampah itu,” ungkap anggota Komisi II DPRD Lombok Utara, H Arsan.
Arsan menilai dengan angkutan cidomo, sesungguhnya masih bisa menjadi alat transportasi pengangkut sampah jika melihat akses yang ditempuh di kawasan tersebut tidak begitu jauh. Sebab jika secara terus menerus terjadi pembiaran kendaraan yang masuk ke Gili Trawangan dikhawatirkan akan berimbas pada hilangnya icon Gili Trawangan yang bebas polusi. Begitu juga dengan dua gili lainnya yakni Gili Meno dan Air.
Di sisi lain Arsan menjelaskan, cidomo yang menjadi transportasi awal di tempat itu, harusnya mengambil peran dan perlu dikembangkan. Sebab keberadaan cidomo di tempat itu juga menjadi icon bagi para pengunjung. Jika kendaraan bermesin dimasukan ke Gili Trawangan maka jelas pulau yang dikenal dengan sebutan bebas polusi oleh sejumlah wisatawan tersebut sirna.
“Saya sejak tahun 1989 menjadi pelaku wisata di sini dan tahu betul tentang kondisi gili dan apa yang menjadikannya sebagai icon dan magnet wisatawan. Jadi dengan keberadaan kendaraan ini sudah mempengaruhi citra pariwisata kawasan tersebut,” sesalnya.
Arsan juga mengakui prihatin dengan kondisi Gili Trawangan saat ini. Dirinya pun sudah menyampaikan pendapat itu ke Bupati agar tidak ada kendaraan yang dimasukan ke gili. Namun Bupati kata Arsan tidak menggubris niatan tersebut. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here