Beranda Praya Metro Polres Akan Minta Bantuan Polda

Polres Akan Minta Bantuan Polda

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA AKBP Kholilur Rochman

PRAYA — Persiapan menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun ini. Jajaran Polres pun mulai menyiapkan diri untuk pengamanan. Tidak main-main, Polres Loteng akan meminta bantuan Polda untuk personel yang akan dilibatkan nantinya.
Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk mempersiapkan pola pengamanan. Apalagi ada sekitar 96 desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi itu nantinya.
“Banyak personel yang kita libatkan. Termasuk personel di polsek, untuk jumlah mencapai 1 ribu lebih karena kami akan meminta bantuan dari Polda NTB,” beber kapolres kepada wartawan, kemarin.
Untuk pemetaan kerawanan Pilkades sendiri, sejauh ini pihaknya melihat bahwa belum ada kerawanan. Hanya saja, ada sedikit yang akan diantisipasi yakni saat pemeriksaan persyaratan KTP 12 persen itu. Sebab, di sana rentan terjadi kecuaran. Sehingga pihaknya akan melakukan pemantuan secara ketat.
“Paling tidak 10 hingga 20 anggota kami akan tempatkan di setiap desa yang akan menyelenggarakan Pilkades,” katanya.
Selain itu, Kapolres selain meminta kepada bakal calon kepala desa mengedepankan sikap demokrasi siap kalah dan menang, supaya proses demokrasi berjalan sesuai aturan, pihaknya menekan agar masyarakat yang akan melaksanakan Pilkades untuk tetap solit dalam menjaga keamanan.
“Masyarakat jangan mudah terpancing dengan pihak-pihak yang bertujuan memecah belah. Ini adalah kompetensi menang atau kalah itu hal lazim dalam sebuah proses pemilihan,” jelasnya.
Sementara untuk anggaran pengamanan sendiri, pihaknya akan mengusulkan dalam waktu dekat ini. Untuk jumlah anggaran pihaknya masih belum memutuskan, tapi jika melihat jumlah desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, pihaknya memperkirakan akan membutuhkan sekitar 1 miliar lebih. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here