Beranda Headline Mataram Dibimbing Wujudkan Smart City

Mataram Dibimbing Wujudkan Smart City

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA BIMTEK: Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Mataram, Lalu Martawang saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) Gerakan Menuju 100 Smart City, kemarin.

MATARAM—Kota Mataram masuk menjadi salah satu dari 100 Smart City di Indonesia. Terkait itu, kemarin, dilakukan bimbingan teknis (Bimtek) Gerakan Menuju 100 Smart City. Perwakilan dari Kantor Staf Presiden (KSP) RI datang khusus untuk memberikan bimtek, sekaligus pendampingan bagi Kota Mataram untuk mewujudkan 100 Smart City.
Tenaga Ahli Kedeputian I bidang Pengendalian Pembangunan Program Prioritas dari Kantor Staf Presiden RI, Robertus Theodore mengatakan, pihaknya akan secara intesif melakukan pendampingan selama lima sampai enam bulan ke depan. Guna memastikan tim pelaksana di Kota Mataram siap mengimplementasikan program-program kerja yang telah disusun dalam masterplan Smart City.
Kota Mataram dinilai memiliki banyak potensi untuk menjadi kota cerdas, terutama dalam hal komitmen yang dimiliki pemerintah daerahnya. Selama masa pendampingan, pihaknya beserta tim pelaksana dari Kota Mataram akan meletakkan pondasi pembangunan Smart City, yang nantinya diharapkan dapat menjadi rujukan bagi kabupaten/kota lain di NTB dalam mewujudkan kota cerdas. “Tujuan besarnya pelayanan masyarakat bisa lebih cepat, lebih baik. Program-program pemerintah juga bisa dieksekusi dengan akuntabel, transparan, dan berdampak bagi masyarakat luas,” jelasnya.
Targetnya, master plan Smart City bisa terakomodir di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Namun, Kantor Staf Presiden RI tidak menjanjikan dukungan anggaran. “Kantor Staf Presiden hanya mendrive. Nanti kementerian/lembaga akan mendorong, serta memberikan dukungan untuk Smart City ini,” imbuh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Mataram, Lalu Martawang.
Sebelum ini, kata Martawang, penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama 50 kabupaten/kota di Indonesia, saat kegiatan Gerakan Menuju 100 Smart City Tahun 2018 di Jakarta, pada 8 Mei lalu “Ini merupakan pendampingan tahap I untuk Kota Mataram,” katanya.(rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here