Beranda Headline Kebanggaan di Momen HUT Bhayangkara ke-72 untuk Jajaran Polres Loteng

Kebanggaan di Momen HUT Bhayangkara ke-72 untuk Jajaran Polres Loteng

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA PENGHARGAAN: Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Moh Suhaili FT saat memberikan penghargaan kepada anggota Polres, kemarin.

Panen Penghargaan, Kapolsek Janapria Dapat ‘Bintang Bhayangkara Nararya’ dari Presiden

Pada momen puncak perayaan HUT Bhayangkara ke-72 ini, jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng) patut berbangga hati semua. Atas prestasinya, Polres panen penghargaan diberikan Polda NTB. Lebih mengejutkan lagi, Kapolsek Janapria AKP I Ketut Weda menerima penghargaan ‘Bintang Bhayangkara Nararya’ dari Presiden RI, H Joko Widodo.
JAYADI-LOTENG

DI bawah komando AKBP Kholilur Rochman, Polres Loteng begitu banyak meraih penghargaan. Tapi ini tentu tidak lepas dari keterlibatan para perwira, dan personel di Polres. Beragam terobosan juga dilakukan dan ini pun membuahkan hasil.
Sejumlah lomba yang dihelat Mapolda NTB, Polres Loteng ikut ambil bagian dan hasilnya panen penghargaan yang diberikan Kapolda atas kinerja dan prestasi jajaran Polres Loteng selama ini.
Catatanya, ada tujuh penghargaan yang diberikan Kapolda kepada Polres Loteng. Mulai dari penghargaan karena memperoleh peringkat pertama lomba Satgas Nusantara, Lomba Polisi Cilik, Lomba Da’i Kamtibmas. Kemudian pringkat kedua, lomba unit pemberantasan Pungli, lomba Bhabinkmatibmas kreatif, lomba poskamling dan terakhir pringkat ketiga lomba kepatuhan pengisian E-LHKPN.
Tidak hanya itu, di momen HUT Bhayangkara yang digelar kemarin, Kapolsek Janapria AKP I Ketut Weda juga berhasil mengharumkan nama Polres bahkan Polda NTB di lingkup kepolisian di Nusantara. AKP I Ketut Weda didaulat menerima penghargaan langsung dari Kepala Negara Indonesia Presiden RI, H Joko Widodo. Penghargaan yang diterima ‘Bintang Bhayangkara Nararya’, penyerahan penghargaan langsung diserahkan Bupati Loteng H Moh. Suhaili FT usai apel di halaman Polres, kemarin.
Ketut merupakan salah satu dari dua anggota Polres Loteng yang memperoleh penghargaan dari Jokowi. Selain itu, ada AKP Suwarti.
Kepada Radar Mandalika¸ AKP I Ketut Weda banyak bercerita sehingga ia bisa memperoleh penghargaan ini. Dimana, pahit manis pengabdian sudah dia lalui selama hampir 40 tahun. Sehingga dengan melihat perjalanannya yang dirinya lalui, ia pun dianggap pantas memperoleh penghargaan presiden tersebut. Pasalnya, pria akrab disapa Weda itu, pernah bertugas juga di daerah rawan konflik kala itu. Tugas yang dijalaninya melebihi dari keberanian, kebijaksanaan, dan ketabahan yang luar biasa.
Namun, saat menjalani profesi sebagai polisi bukan hanya penindakan yang diterapkan. Tapi guna menekan angka kriminalitas terobosan sosial juga menjadi adalannya. Salah satu terobosan yang menjadi daya tarik publik adalah agar bisa memberikan sumbangan untuk memeriahkan Lebaran Haji, dirinya bersama anggota menggelar aksi seribu setiap paginya.
Dimana, sekitar pukul 09.00 Wita setelah selesai apel, anggota diminta mengeluarkan uang seikhlasnya, paling banyak seribu untuk ditabung. Dalam pelaksanaannya sehari-hari, Polsek Janapria telah menyiapkan berupa kotak amal setiap harinya. Hasil dari uang yang terkumpulkan itu, nantinya akan dipergunakan untuk membeli hewan kurban, kemudian akan disumbangkan kepada yang membutuhkan.
Selama 15 tahun bertugas di Polsek, sehingga dipercayai menjadi Polsek, AKP Ketut Weda, selain menjadi pengayom masyarakat dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas), ternyata juga menerapkan agar polisi juga berbagi kepada kepada masyarakat yang membutuhkan. Dampak dari terobosan yang dilakukan, membantu masyarakat.
“Prestasi ini menjadi amanah bagi saya untuk menjadi seorang anggota Polri yang lebih baik lagi untuk mengabdi dan mengayomi masyarakat,” kata dia usai apel. (*/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here