Beranda Lombok Timur Belum Ada Caleg Daftar ke KPU

Belum Ada Caleg Daftar ke KPU

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Muh Saleh

LOTIM – Sejak Rabu (4/7) lalu, pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) sudah dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim. Namun hingga kini, belum ada satu pun caleg menyerahkan berkas pendaftarannya ke KPU.
Ketua KPU Lotim, Muh Saleh, diruang kerjanya, kemarin mengaku tidak tahu kenapa sampai hari ini belum satu pun datang menyerahkan berkas Bakal Calon (Balon) dan berkas pencalonan menjadi legislatif. “Apakah kolektif atau tidak, tergantung pihak partai. Kami KPU hanya menerima pendaftaran berupa berkas Balon dan pencalonan,” kata Saleh.
KPU sudah memberikan batas waktu penyampaian berkas balon dan pencalonan. Setelah menerima berkas itu, KPU akan melakukan verifikasi dan klarifikasi berkas, kemudian pencocokan berdasarkan data yang ada di Sistem Informasi Pencalonan (Silon). “Sudah diberikan batas waktu sampai Selasa (17/7) mendatang,” tandas Saleh.
Terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar II Lotim, H Lalu Hasan Rahman, kepada Radar Mandalika mengaku, sejumlah kader partainya saat ini sedang menyelesaikan berkas persyaratan. Baik berupa Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kesehatan dan lainnya. Pengisian data Silon, juga sedang dalam proses.
Sambung Ketua Komisi IV DPRD Lotim ini, penyerahan berkas Balon dan pencalonan ke KPU, di tubuh partainya sendiri akan dilakukan secara kolektif. “Insya Allah, sebelum batas akhir nanti berkas sudah kita serahkan ke KPU,” ujarnya.
Sementara untuk penentuan nomor urut, akan keluar sebelum penyerahan berkas. “Yang menentukan DPD I Golkar NTB, berdasarkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela (PDLT),” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here