Beranda Lombok Utara Tiga Jembatan Tunggu Tender Ulang

Tiga Jembatan Tunggu Tender Ulang

BERBAGI
HERY MAHARDIKA/LPG Idris

KLU—Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Utara masih menunggu tender ulang tiga paket proyek jembatan yang harus dilakukan Unit Layanan Pengadaan (UL) Bagian Administrasi Pengendalian Pembangunan Setda Lombok Utara.
“Tiga paket proyek jembatan yang sudah kita tender itu, masih menunggu tender ulangnya, karena kami belum mau mengerjakannya,” ujar Kabid Bina Marga, Idris.
Ketiga proyek disinyalir terdapat persoalan ini pihaknya selaku kewenangan proyek dan pejabat pembuat komitmen (PKK) tidak ingin melaksanakan. Lantaran pihaknya khawatir terhadap risiko yang dihadapi.
Tiga paket proyek jembatan ini terdiri dari pembangunan Jembatan Tenggorong Pansor Daya, Jembatan Terengan, Jembatan Lendang Galuh. Nilai proyek berkisar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar.
“Termasuk juga belum tuntas di lapangan jembatan Jeruk Manis di Pemenang,” terangnya.
Selain tiga paket itu, semua paket yang ada di Bina Marga sudah selesai ditender dan sudah tahap pengerjaan di lapangan. Jumlah paket tender sebanyak 13 paket terdiri dari 4 paket jembatan dan 9 paket proyek jalan. “Yang masih belum dikerjakan 4 paket proyek jembatan itu,” tandasnya.
Sementara jumlah paket proyek petunjuk langsung (PL) di bawah Rp 200 juta sebanyak 8 paket, terdiri dari pembukaan jalan, pembuatan jalan dan rabat jalan. Jika melihat data ini, kata Idris, semua paket proyek di bidangnya sudah tuntas. Hanya menunggu tiga proyek jembatan itu yang masih dicarikan solusi apakah dilanjutkan atau tender ulang.
“Kalau jembatan Jeruk Manis sudah tidak bisa dikerjakan. Masyarakat setempat tidak setuju lahannya dipakai karena mereka maunya diganti rugi,” ungkapnya.
Pihaknya sendiri menargetkan paket proyek yang ada di bidangnya ditargetkan cepat dituntaskan. Tidak harus menunggu akhir tahun. Karena itu pihaknya meningkatkan kontrol pengawasan agar kualitas pengerjaan dan penyelesaiannya tepat waktu. (flo/lpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here