Beranda Praya Metro BUMDes Menemang Kembangkan Usaha Simpan Pinjam dan Pupuk

BUMDes Menemang Kembangkan Usaha Simpan Pinjam dan Pupuk

BERBAGI
ILUSTRASI

PRINGGARATA—Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa Menemeng, Kecamatan Pringgarata mengelola dua unit usaha. Usaha itu yakni simpan pinjam dan unit usaha penjualan pupuk pertanian.
Ketua BUMDes Desa Menemeng, Muhammad Taisir menjelaskan, BUMDes ini mulai berdiri sejak akhir 2016 lalu. Sejak terbentuk, Pemdes melalui APBDes Perubahan kala itu sudah mengalokasikan dana sebagai upaya untuk penguatan modal BUMDes. Dana awalnya hanya Rp 50 juta. Akan tetapi dana tersebut langsung digulirkan pada sektor ekonomi yang bergerak pada usaha simpan pinjam (SP). Sembari berjalan usahanya, perusahaan desa ini kembali memperoleh suntikan dana dengan jumlah yang lebih besar lagi dari Pemdes.
“Tahun ini kita juga akan diberikan dana, bahkan jumlahnya jauh lebih besar,” terangnya.
Dari dana yang dikelola lebih dari Rp 100 juta saat ini, sejak awal unit usaha sudah disepakati bersama berupa unit SP beserta jual beli obat-obatan pertanian (Saprodi), termasuk pupuk. Khusus untuk SP, ketentuan atau syarat warga yang berpeluang mengajukan pinjaman sudah dirincikan. Salah satunya setiap calon debitur terlebih dahulu harus meminta surat rekomendasi dari kadus. Ketika persyaratannya dinyatakan lengkap, baru kemudian dilakukan survey oleh pihak direksi. Selain itu, calon debitur diutamakan yang memiliki usaha seperti pedagang bakulan atau usaha kecil lainnya. Syarat ini untuk menghindari kredit macet.
“Tapi pinjamannya kita batasi hanya Rp 2 juta. Kenapa sedikit, agar bisa dinikmati warga yang lain yang membutuhkan juga,” ungkapnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here