Beranda Praya Metro Pagutan Tawarkan Tiga Paket Wisata Baru

Pagutan Tawarkan Tiga Paket Wisata Baru

BERBAGI

PRAYA—Pemerintah Desa Pagutan, Kecamatan Batukliang mengembangkan tiga paket wisata baru tahun ini. Untuk mendukung itu, Pemdes mulai memperbanyak program pemberdayaan di segala bidang.
Sekretaris Desa Pagutan, Zarwadi mengatakan, ketiga paket wisata ini merupakan program skala prioritas desa untuk mendukung perekonomian warga. Adapun tiga paket wisata itu ialah paket bersepeda desa, paket wisata kuliner dan paket wisata pemancingan. Ketiga paket wisata ini nantinya akan mengkolaborasi dengan aneka kerajinan warga sekitar. Untuk memantapkan rencana tersebut, desa juga telah melakukan penataan kawasan dan sarana pendukung lainnya. Seperti jalan, kolam renang, lapak-lapak kuliner dan fasilitas lainnya. Selain itu sejumlah warga juga diberikan berbagai macam pelatihan. Meliputi pelatihan kelompok wanita tani (KWT), tata rias, pengrajin ketak, alang-alang, pelatihan bahasa asing hingga sablon. Dari program ini pula desa tak tanggung-tanggung menggelontorkan dana hingga Rp 300 juta lebih. Dengan harapan, nantinya selain bisa membantu Pemdes mengelola paket wisata, warga sekitar kawasan pengembangan juga bisa membuat kawasan wisata baru.
“Selain tiga paket wisata yang muncul dari desa, kita harap warga sekitar juga bisa meramaikan dengan paket wisata lainnya,” ujar Sekdes muda ini.
Nantinya lanjut dia, ketiga paket wisata yang dikembangkan ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan harapan, bisa mendongkrak pertumbuhan Pendapatan Asli Desa (PADes). Karena selama ini juga perusahaan desa ini bergerak dalam unit usaha penyewaan terop, penyewaan soundsytem, molen dan rumah makan atau warung aspirasi desa.
“Keberadaan tiga paket wisata ini akan sedikit mengurangi angka pengangguran,” katanya yakin. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here