Beranda Pendidikan SMA Kusuma Miliki Kelas Khusus

SMA Kusuma Miliki Kelas Khusus

BERBAGI

MATARAM-SMA Katolik Kesuma Mataram memiliki program unggulan yang sudah dijalankan sejak 2016 lalu. Program ini sangat diandalkan di bidang akademis yaitu kelas unggulan atau kelas khusus. Isi kelas khusus merupakan hasil seleksi dari sejumlah siswa-siswi berprestasi.
Wakil Kepala Sekolah bidang Akademis, Urbanus Bate menggtakan, program kelas khusus ini merupakan fasilitas untuk anak-anak berprestasi yang sudah melalui seleksi ketat. Para peserta kalas unggulan ini nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti berbagi macam ajang lomba dibidang akademis. “Kami tidak menyangka siswa-siswi SMA Kusuma antusias untuk mengikuti kelas unggulan ini. Tidak semuanya bisa kita tampung karena maksimal 25 orang, jadi harus melalui seleksi yang ketat,” ujarnya.
Ia menambahkan, program kelas khusus bekerjasama dengan para dosen pasca sarjana FKIP Universitas Mataram. Para dosen memberikan pelajaran tambahan seperti matematika, bahasa inggris, IPS, dan IPA. Kerja sama tersebut dinamakan Memorandum of Agreement (MoA).
“Nantinya untuk pembelajarannya bisa seminggu dua kali dengan jam yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, dari jam 2 hingga jam 4 sore,” jelasnya.
Tujuan dibentuknya kelas khusus ini guna menghasilkan, dan membentuk generasi SMA Kusuma yang cerdas serta berkompeten di bidang akademis. Serta nantinya mampu menyabet gelar atau juara di lomba akademis tingkat provinsi, nasional hingga internasional.
Ia pun menampik adanya kelas khusus ini untuk mengkotak kotakkan mana yang pintar dan mana yang tidak. Namun, untuk menyeleksi para siswa-siswi SMK Kusuma yang nantinya bisa mengikuti lomba di bidang akademis dengan persaingan yang ketat. “Jadi kalau mau masuk kelas khusus harus belajar yang rajin dan giat,” kata Urbanus.
Dari segi biaya kelas khusus, SMA Kusuma masih mengambil dari uang SPP peserta kelas khusus. Pasalnya saat ini belum ada biaya signifikan yang dikeluarkan. “Kalau saat ini biaya masih dari SPP. Kalau memang nantinya ada biaya tambahan, pasti akan dikomunikasikan lagi,” imbuh Urbanus.
Bukan hanya itu, pola pembiayaan SPP SMA Kusuma dengan sistem subsidi silang. Artinya, siswa-siswi dari keluarga menengah ke atas akan dibebankan biaya lebih. Sehingga bisa membantu siswa-siswi yang tidak mampu.
Ditambahkan Urbanus, visi-misi SMK Kusuma adalah cerdas, disiplin, berkarakter, serta berlandaskan hasil. Dengan siswa-siswinya cerdas maka secara langsung akan membentuk karekter para muridnya.
Sekolah yang berusia 51 tahun tersebut sudah banyak menyabet piala dibidang akademis hingga non akademis. Antara lain, juara 1 basket, futsal, puisi, gendang beleq, hingga lomba debat bahasa inggris se NTB.(cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here